10 fakta menarik seputar burung hantu yang mengagumkan

Burung hantu menjadi salah satu satwa populer setelah munculnya film box office Harry Potter. Selain beberapa fakta unik tentang burung hantu seperti yang pernah diulas di sini, ada juga fakta-fakta menarik lainnya yang layak untuk disimak. Berikut 10 fakta menarik seputar burung hantu yang mengagumkan.

Dalam film-film, burung hantu selalu digambarkan sebagai sosok yang bijaksana ataupun sebagai burung pengantar surat di dunia para penyihir. Di Inggris, kemunculan burung hantu kerap dianggap sebagai pembawa keberuntungan. Lain halnya dengan di indonesia, satwa nokturnal ini selalu dikait-kaitkan dengan berbagai mitos yang umumnya menyeramkan.

Untuk menambah pengetahuan kicaumania tentang burung hantu, berikut adalah 10 fakta menarik seputar burung hantu yang mengagumkan:

 

1. Pandai berenang

burung hantu berenang media burung
Burung hantu yang berenang untuk menghindari serangan predator

 

Tahukah anda? Burung hantu tidak hanya memiliki predikat sebagai pemburu yang handal saja, tapi juga punya kemampuan berenang yang sangat baik. Ketika berada dalam situasi sulit, burung hantu akan menceburkan tubuhnya ke dalam air lalu berenang untuk menyelamatkan diri dari serangan predator.

Foto di atas adalah jenis burung hantu tanduk besar yang berupaya menghindari serangan dua elang pemangsa dengan cara masuk ke dalam air lalu berenang. Untuk bisa terbang kembali, mereka akan mencari daratan atau benda-benda yang mengapung di atas air untuk tempat berpijaknya.

 

2. Tak semua jenis aktif di malam hari

burung hantu yang aktif di siang hari media burung

 

Selama ini burung hantu kerap dianggap sebagai hewan nokturnal / aktif di malam hari, tapi faktanya tidak semua jenis burung hantu mempunyai perilaku yang demikian.

Beberapa jenis di antaranya bahkan dikenal memiliki sifat diurnal yaitu akan aktif dan berburu pada siang hari seperti burung hantu abu-abu besar (Strix nebulosa), burung hantu elang utara (Surnia ulula), dan burung hantu kerdil utara (Glaucidium gnoma).

 

3. Punya leher yang luar biasa

leher burung hantu media burung

 

Burung hantu diketahui memiliki 14 bagian vertebrata leher yang 2 kali lebih banyak dari yang terdapat pada manusia. Anatomi yang unik inilah yang menyebabkan burung hantu dapat memutar kepalanya higga 270 derajat.

Mereka bisa melakukannya karena pada bagian tulang belakangnya terdapat lubang yang ukurannya 10 kali ukuran pembuluh darah pembawa hewan. Dengan begitu, semakin banyak ruang gerak, maka arteri bisa dengan mudah melewati lubang vertebrata saat mereka memutarkan kepalanya.

 

4. Kepunahan burung hantu raksasa

burung hantu raksasa media burung
BUrung hantu raksasa (kiri) perbandingan dengan tinggi manusia

 

Burung hantu dengan ukuran tubuh terbesar di dunia pernah ditemukan di Kuba. Sayangnya, spesies yang memiliki nama Ornimelaonyx ini sudah punah dari muka bumi.

Burung hantu raksasa ini memiliki tinggi 1,1 meter dengan kaki-kaki yang kuat dan panjang. Ukuran kakinya menunjukkan bahwa mahluk ini adalah juga pelari yang cepat dan kuat. Keberadaan burung hantu raksasa di temukan di gua-gua di Kuba, dan biasanya ketika ditemukan sarangnya akan dipenuhi oleh tulang belulang dari hewan lain yang pernah jadi mangsanya.

 

5.Tyto alba, burung hantu pembawa perdamaian

burung hantu di timur tengah media burung

 

Burung hantu jenis Tyto alba pernah membawa perdamaian di Timur Tengah, setidaknya spesies ini telah mempertemukan para ilmuan dan petani dari pihak-pihak yang selama ini berseteru untuk menjalin kerja sama.

Terlepas dari masalah politik, burung hantu adalah predator alami tikus, dan hal itu pula yang mendorong para petani di Palestina, Yordania, dan Israel untuk bekerja sama dengan memasang kotak-kotak / pagupon sebagai tempat berasang untuk burug hantu tersebut.

Sepasang Tyto alba bisa memangsa lebih dari 6.000 ekor tikus per tahun, dan itu artinya para petani tidak perlu lagi menggunakan racun pestisida dalam jumlah berlebihan untuk melindungi tanaman mereka. Kolaborasi antara para petani itu masih terus berlanjut hingga kini.

 

6. Punya mata palsu untuk kamuflase

mata palsu burung hantu media burung
Mata palsu burung hantu (kanan)

 

Beberapa spesies burung hantu memiliki mata palsu yang digunakannya untuk berkamuflase, salah satunya adalah burung hantu kerdil utara / Northern pygmy owl (Glaucidium gnoma). Spesies ini mempunyai mata berwarna kuning cerah di bagian wajahnya dan bulu hitam mirip mata di belakang kepalanya yang terlihat menyeramkan.

Bulu hitam yang mirip mata itu dapat menghambat pergerakan predator yang akan menyergap dari arah belakang. Sebagian besar hewan predator tidak mau menyerang jika mangsanya melihat mereka, dan mata palsu yang dimiliki burung hantu ini akan memperlambat mereka.

 

7. Bulu-bulunya tidak tahan air / tidak waterproof

bulu tidak tahan air media burung
Bulu tidak tahan air

 

Burung hantu mungkin termasuk jenis burung yang tidak pernah berburu atau bahkan beraktivitas di tengah hujan. Hal itu dikarenakan mereka memilik blu-bulu yang tidak tahan air sehingga bisa menyerap banyak air.

Berbeda dari jenis burung lainnya, burung hantu telah melepaskan minyak yang ada di bulu-bulunya. Bagi burung lainnya, minyak tersebut berfungsi menjadikan bulu jadi lebih tahan terhadap air / waterproof.

Dengan tidak adanya minyak tersebut, maka bulu-bulu burung hantu akan menjadi lebih halus sehingga memungkinkan mereka berburu tanpa mengeluarkan suara sama sekali. Namun, bulu-bulu halus tersebut sangat gampang menyerap air sehingga dapat menghambat gerakannya.

 

8. Tidak membangun sarang

sarang burung hantu media burung
Burung hantu yang menggunakan sarang bekas burung gagak

 

Hal menarik lainnya adalah bahwa burung hantu adalah spesies yang tidak pernah membangun sarangnya sendiri. Burung hantu adalah pencuri sarang yang lihai. Mereka tidak akan membangun sarangnya sendiri melainkan menggunakan sarang atau rongga pohon yang ditinggalkan oleh burung lainnya.

Tak jarang mereka juga akan bersarang pada lubang dinding atau di atap rumah lalu meletakkan telurnya begitu saja tanpa membangun sarangnya terlebih dahlu sebagaimana jenis burung lainnya.

 

9. Punya jari kaki yang berlawanan

Jari kaki burung hantu media burung
Jari kaki burung hantu

 

Cobalah perhatian kaki-kaki burung hantu. Mereka memiliki cakar yang disebut Zygodaktil, yaitu dua jari cakar yang berlawanan. Dua cakar mengarah ke depan, sedangkan dua cakar lainnya ke belakang.Dengan kondisi cakar tersebut, mereka mampu menggenggan mangsanya dengan sangat kuat.

 

10. Mampu terbang sangat jauh

Burung hantu salju yang mampu terbang cukup jauh media burung
Burung hantu salju yang mampu terbang cukup jauh

 

Burung hantu salju / Bubo scandiacus berhabitat di kawasan Kutub Utara.Namun spesies ini seringkali terbang dalam jarak jauh ke arah selatan.

Pada tahun 2013 – 2014, burung hantu jenis ini tercatat telah terbang jauh ke selatan, hingga ke Florida dan Bermuda. Burung ini juga pernah terbang dari kawasan kutub hingga 4.800 km ke selatan lalu mendarat di Bandara Internasional Honolulu, Hawaii. Tapi sayang, para petugas bandara menembaki mereka lantaran takut mengganggu penerbangan.

Itulah 10 fakta menarik seputar burung hantu yang mengagumkan.

Semoga manfaat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close