Kunci utama perawatan burung kacer

0
tips kacer

Selain memenuhi kebutuhan nutrisi dalam bentuk pakan harian, burung kacer juga harus mendapatkan perawatan rutin lain seperti mandi dan jemur. Tapi tahukah Anda? Salah satu kunci utama perawatan burung kacer adalah pengembunan. Yuk, simak ulasannya berikut ini.

Pengembunan memiliki arti yaitu mengeluarkan burung di pagi hari sebelum matahari terbit. Tahapan ini biasa dilakukan kicaumania untuk menjadikan momongannya tetap sehat dan lebih rajin berbunyi. Udara pagi hari yang masih bersih dan segar itu bisa menjadi salah satu bentuk terapi yang sangat baik untuk menjaga kondisi burung peliharaan. 

Kacer dikenal sebagai jenis burung dengan sifat teritorial dan sangat agresif, sehingga perawatan yang kurang tepat dapat menjadikan kacer mengalami over birahi atau perubahan karakter. Jika burung kacer yang kerap dilombakan mempunyai birahi / emosi yang selalu berubah-ubah, tentu akan membuat penampilannya menjadi kurang maksimal pada waktu sedang bertanding.

Oleh karena itu, penting sekali dalam menjaga kestabilan birahi maupun emosi dari burung kacer, terutama agar burung tersebut selalu berada dalam kondisi yang siap lomba. Selain mengatur pemberian pakan tambahannya, pengembunan menjadi kunci utama yang dapat membantu menjaga kondisinya tetap stabil.

Mengeluarkan burung pada pagi hari untuk tujuan diembunkan merupakan salah satu bentuk terapi yang sangat bermanfaat. Selain untuk menjaga birahi/emosi agar tidak mudah berubah, pengembunan juga bisa menjadikan burung menjadi lebih rajin berkicau. Cahaya matahari yang baru terbit dan langsung mengenai tubuh dan bulunya itu pun sangat baik untuk kesehatan kacer itu sendiri.

Banyak kicaumania, terutama yang kerap melombakan burung mereka itu akan berusaha untuk menjaga kondisi kacer kesayangannya dengan melakukan pengembunan terlebih dahulu. Bagi mereka, pengembunan dianggap sebagai pembuka rawatan atau tahap yang mengawali perawatan hariannya. Setelah matahari mulai terbit, perawatannya pun mulai diterapkan sesuai kebiasaan. 

Berikut beberapa tips pengembunan agar burung kacer selalu berada dalam kondisi yang sehat, aktif, dan lebih rajin berbunyi.

  • Kacer dikeluarkan pada pagi hari untuk pengembunan, dan selama pengembunan itu sangkarnya digantung di tempat yang mudah terpantau dan terkena cahaya matahari langsung ketika terbit.
  • Setelah matahari mulai terbit, segera berikan pakan tambahannya seperti jangkrik dengan jumlah / takaran sesuai kebiasaan (setelan).
  • Setelah itu, kacer dimandikan dengan cara disemprot hingga basah kuyup atau menggunakan karamba mandinya. 
  • Setelah diangin-anginkan sebentar, burung kemudian dijemur di bawah sinar matahari dengan durasi penjemuran sekitar 1 jam, atau disesuaikan tergantung cuaca pada saat itu.

Semoga bermanfaat

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here