Sunday, December 12, 2021

Mencetak lovebird paud mental fighter

| Sunday, December 12, 2021

Merawat lovebird yang masih paud tidak harus terfokus pada melatih suaranya saja, tapi juga harus disertai dengan pembentukkan mentalnya. Dengan demikian, lovebird paud akan memiliki karakter dan mental yang lebih fighter, sehingga selalu siap jika sewaktu-waktu akan dilatih di lapangan.

mental


Dasar perawatan lovebird paud adalah mencetak burung yang unggul dari segi suara dan mentalnya. Kedua karakter ini tidak bisa dipisahkan jika ingin memiliki burung dengan kualitas lomba. Melatih mental juga dibutuhkan untuk memunculkan sifat fighter dari lovebird tersebut.

Sebelum Anda membentuk karakter Lovebird, Anda harus mengetahui Lovebird Balibu yang bagus dan berkualitas juara.

Ciri-ciri Lovebird Balibu Terbaik untuk Lomba

  • Burung Lovebird sehat.
  • Bulu di sekujur tubuh mengilap.
  • Burung terlihat lincah dan aktif.
  • Leher panjang dan lebar.
  • Sayap dan ekor selalu mengapit rapat.
  • Batang kaki mulus atau tidak cacat.
  • Jari mencengkeram keras dan kuat.
  • Sorot tatapan mata tajam, tidak mengeluarkan air.
  • Burung aktif bunyi.
  • Lovebird sering menyahut saat diputarkan masteran.

Perawatan Lovebird Balibu Mental Fighter

1. Masukkan Kandang Battery

Pada 2-3 minggu pertama, masukkan Lovebird ke dalam kandang battery. Pasang dua tangkringan di dekat tempat makan dan minum. Tujuannya agar Lovebird suka bergerak aktif saat makan dan minum. Selain itu, kandang ini bisa difungsikan sebagai kandang umbaran minimalis.

2. Pakan Harian

Untuk Lovebird Balibu, berikan pakan harian berupa milet putih dan jagung muda manis. Lalu, setiap beberapa hari sekali, tambahkan extra fooding (EF) seperti kangkung, biji kwaci 5-6 butir yang sudah dikupas kulitnya, serta egg food untuk menambah stamina.

3. Mandi di Keramba

Kalau masih balibu (di bawah lima bulan) atau paud, Lovebird bisa mandi di keramba dalam sangkar. Proses mandi dapat dilakukan secara rutin untuk menjaga kesehatan, kebersihan, meningkatkan kekuatan napas, dan suara.

4. Penjemuran

Setelah mandi, Lovebird diangin-angin sebentar, lalu dijemur di bawah sinar matahari. Sebelum bulu Lovebird kering, Anda jangan menjemur Lovebird. Sebab, bulu yang basah saat terkena sinar matahari panas bisa membuat tubuh Lovebird meriang atau sakit kepala. Selain itu, Lovebird bisa stres karena mengalami perubahan suhu tubuh yang cepat.

5. Gantang Lovebird di Tempat Ramai

Sekarang masuk ke perawatan agar Lovebird bermental fighter. Caranya gantang burung ini di tempat ramai. Maksudnya burung diletakkan di tempat-tempat dengan suara yang bising atau gaduh. Misalnya, di dekat mesin, ruang televisi, pancuran air, di depan rumah yang dekat jalan raya, dan lain-lain.

6. Dekatkan Burung yang Gacor

Agar mental Lovebird fighter, dekatkan burung tersebut ke burung lain yang suaranya gacor dan rajin bunyi, di antaranya Cililin, Kenari, Tengkek Buto, dan burung Pelatuk.

7. Jauhkan dari Burung Sejenis

Kalau masih muda, sebaiknya Lovebird dijauhkan dari burung sejenis atau burung Lovebird, baik yang muda atau dewasa. Tujuannya agar mental Lovebird meningkat dan berkembang.

8. Latihan di Arena Latberan

Untuk meningkatkan mental agar fighter, Lovebird Paud dapatdilatih di area dekat latberan. Latihan ini cukup 2 kali seminggu. Manfaat latihan di dekat latberan yakni supaya burung mengenal lawan dan situasi serta kondisi di lapangan. Suara Lovebird lain di kejauhan dapat memancing Lovebird ikut bunyi.

Demikian beberapa cara membuat Lovebird Balibu memiliki mental fighter. Jika dirangkum sebenarnya perawatan burung ini sederhana. Lovebird cuma dimasukkan kandang battery, makan, minum, mandi jemur, gantang di tempat ramai, gantang dekat latberan, dan lain-lain.

Related Posts