Penyebab dan Cara Mengatasi Cucak Hijau yang over birahi

0
cucak hijau birahi

Penampilan burung cucak hijau tentu akan terganggu saat burung alami over birahi. Kondisi tersebut dapat dipengaruhi oleh berbagai faktor, terutama yang berkaitan dengan pakan dan pola rawatannya. Sebelum penampilanya terus menurun, simak penyebab dan cara mengatasi burung cucak hijau yang over birahi berikut ini.

Ada beberapa macam penyebab burung cucak hijau rentan alami over birahi. Penyebab yang paling umum adalah sebagai berikut:

  • Dipengaruhi oleh pemberian pakan serangga yang terlalu berlebihan
  • Pola rawatan yang cenderung memanjakan burung
  • Burung yang selalu melihat atau mendengar burung sejenis
  • Over birahi yang disebabkan oleh burung memasuki usia kematangan kelamin

Ketika burung cucak hijau mengalami over birahi tersebut, maka perilakunya bisa saja berubah. Burung yang semula rajin bunyi akan cenderung ngeriwik saja, bahkan tak jarang disertai juga dengan perilaku lain seperti memelet-meletkan lidahnya, jegrik atau ngentrok, agresif dan galak kepada orang yang merawatnya.

Dalam banyak kasus, over birahi yang tidak segera diatasi dapat menyebabkan burung menyakiti dirinya sendiri, misalnya cabut bulu atau sering mematuki kaki dan dadanya.

Itu sebabnya, over birahi pada burung cucak hijau tidak bisa dianggap sepele, apalagi jika burung sering dilombakan.

Berikut tips dan perawatan khusus untuk mengatasi burung cucak hijau yang over birahi.

  1. Mengurangi pemberian pakan tambahan atau extra fooding (EF), khususnya dari jenis serangga seperti kroto, ulat hongkong, dan jangkrik.
  2. Memberikan pakan berupa ulat bambu sebanyak 1-2 ekor setiap pagi dan sore hari, sampai kondisinya benar-benar pulih.
  3. Secara rutin memandikan burung cucak hijau hingga basah kuyup.
  4. Memberikan pakan buah-buahan yang lebih bervariasi, terutama buah belimbing dan jambu hijau yang dipercaya banyak kicaumania dapat menurunkan birahi dengan cepat.
  5. Untuk cucak hijau yang terlanjur agresif, galak, karena over birahi bisa diberikan terapi untulan dengan burung berukuran kecil ke dalam sangkarnya.
  6. Solusi terakhir mengatasi burung cucak hijau over birahi adalah didekatkan dengan burung betina.

Untuk membantu mengatasi over birahinya, burung cucak hijau dapat diberikan multivitamin yang diberikan dengan cara dicampurkan ke dalam air minumnya.

Berikan suplemen multivitamin yang berfungsi sebagai pakan tambahan (EF) karena memiliki kandungan vitamin yang lebih lengkap sehingga dapat digunakan untuk mengatasi beragam masalah pada burung kicauan seperti Over birahi, dsb.

Selain itu, multivitamin juga memiliki kandungan anti stres yang bersifat menenangkan sehingga sangat cocok diberikan pada burung yang terlalu agresif dan galak.

Demikian penyebab dan cara mengatasi burung cucak hijau yang alami over birahi.

Semoga bermanfaat

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here