Settingan lovebird jantan single fighter birahi stabil di lomba

0

Lovebird jantan yang selama ini dirawat single fighter alias tanpa pasangan / untulan bisa saja menjadi jawara lomba jika pemiliknya menerapkan settingan yang tepat. Yang harus diperhatikan adalah pengaturan rawatan, terutama agar birahinya tetap stabil meski sedang dilombakan. Berikut tips dan settingan lovebird jantan single fighter birahi stabil di lomba.

Settingan lovebird jantan single

Pemberian pasangan atau untulan cuma pilihan saja, karena lovebird jantan yang dirawat dengan sistem single pun bisa tetap bermain stabil meskipun tidak disertai untulannya. Namun diperlukan settingan yang tepat agar performa burung bisa lebih maksimal.

Ada beberapa settingan yang dapat diterapkan untuk menstabilkan birahi lovebird jantan yang dirawat secara single fighter. Settingan ini pun terbagi dalam dua pola rawatan yaitu settingan harian dan settingan untuk lomba. Berikut settingan lovebird jantan single fighter birahi stabil untuk lomba:

Settingan yang dilakukan harian:

  • Untuk pakan harian, lovebird jantan tersebut diberikan pakan Milet yang terkenal dengan kualitas dan manfaatnya yang baik untuk burung lovebird.
  • Setiap hari, lovebird tidak diberikan kerodong, tetapi jika memelihara lebih dari satu ekor lovebird di rumah maka perawatannya dilakukan dengan memberi sekat di antara sangkar mereka yang bertujuan agar burung tidak saling melihat.
  • Setiap pagi burung dimandikan hingga basah kuyup, setelah itu angin-anginkan lalu jemur selama 2-3 jam.
  • Menjelang malam, lovebird dipindahkan ke dalam rumah untuk beristirahat.
  • Malam hari atau sekitar pukul 20:00 – 21:00, lovebird jantan tersebut mendapatkan terapi mandi malam dengan cara disemprot.
  • Selesai dimandikan, burung diangin-anginkan lalu dibiarkan istirahat sampai esok paginya.
  • Settingan yang diterapkan sebelum lomba

Setingan Lovebird Jantan Single Fighter untuk Lomba

  1. Settingan sebelum lomba dapat dilakukan sejak lima hari sebelum lomba atau H-5, pada saat inilah lovebird dipisahkan dari keberadaan burung sejenis dengan cara ditempatkan dalam ruangan tersendiri.
  2. Settingan pakan yang diterapkan masih seperti biasa seperti pakan, mandi, jemur, dan terapi mandi malam.
  3. Memasuki tiga hari sebelum lomba (H-3), lovebird mendapatkan tambahan multivitamin yang dicampurkan bersama dengan air minumnya.
  4. Pada dua hari sebelum lomba (H-2) burung mulai diberikan full kerodong, dan untuk pakan ditambahkan batangan kangkung. Setelah itu mandikan dan jemur seperti biasa, lalu berikan full kerodong.
  5. Satu hari sebelum lomba atau H-1, lovebird tidak dimandikan tetapi cukup dijemur saja seperlunya. Setelah itu, berikan batangan kangkung lalu kembali dikerodong.
  6. Pada hari H, lovebird dimandikan hingga basah lalu dijemur sebentar. Jangan lupa untuk membersihkan sangkar dari kotoran dan sisa pakan yang berserakan di dasar sangkarnya. Tambahkan vitamin ke dalam air minumnya.
  7. Dua jam sebelum digantang, lovebird diberikan satu batang kangkung.

Demikian settingan lovebird jantan single fighter birahi stabil untuk lomba.

Semoga bermanfaat

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here