Sunday, December 12, 2021

Settingan untulan agar pleci makin gacor

| Sunday, December 12, 2021

Perawatan burung pleci agar makin gacor dengan suara ngalas maupun ngerol tidak hanya melalui pemberian pakan dan masteran saja, melainkan juga dapat dilakukan dengan memberinya pasangan atau untulan. Nah, terapi untulan bagi pleci gacoan dianggap dapat menjadikannya makin gacor.

Anda tentu sudah mengerti betul bahwa pleci sebenarnya merupakan jenis burung koloni. Di alam liar, spesies burung kacamata ini selalu terlihat hidup bersama dengan kelompoknya baik ketika sedang mencari makanan maupun pada waktu musim berkembang biak.

Hal itu pula yang kemudian diaplikasikan oleh banyak plecimania menjadi salah satu bentuk perawatan harian untuk burung peliharaan mereka di rumah. Metode koloni ini dianggap meniru perilaku alami burung pleci dan juga sebagai upaya untuk memancing mereka lebih rajin bunyi.

Perawatan pleci dengan sistem koloni seolah sudah menjadi bentuk rawatan wajib para plecimania yang ingin burung peliharaannya itu semakin rajin bunyi. Akan tetapi pengkolonian juga sebenarnya dapat dilakukan tanpa menggunakan beberapa ekor burung sekaligus, tapi bisa juga dilakukan dengan memanfaatkan satu ekor pleci betina. 

Terapi koloni dengan pleci betina bisa menjadi alternatif perawatan bagi kicaumania yang tidak ingin direpotkan oleh perawatan banyak jenis burung kacamata ini di rumahnya. Selain dianggap lebih murah meriah, metoda ini juga dapat membantu plecimania lebih fokus dalam memaksimalkan kinerja burung kesayangannya.

Memberikan untulan pada burung pleci yang dipelihara, selain dapat membantu meningkatkan penampilannya juga dapat merangsang burung tersebut untuk lebih rajin mengeluarkan suaranya yang lantang. Berikut beberapa tips memberikan pasangan agar pleci semakin gacor.

  • Untuk mendapatkan hasil yang lebih memuaskan, sebaiknya memilih burung pleci betina yang genit / lenjeh. Hal ini dapat diamati dari penampilan dan seringnya burung tersebut memanggil-manggil sang jantan. Begitu juga ketika mendengar suara pleci jantan, sebagian besar pleci betina akan membalas sahutannya sambil menggetarkan kedua sayapnya. 
  • Tempelkan atau dekatkan sangkat keduanya hanya pada waktu-waktu tertentu saja, misalnya ketika sedang dimandikan, dijemur dan pada saat beristirahat. Di luar waktu-waktu tersebut, sangkar keduanya sebaiknya digantung dalam jarak yang berjauhan dan hanya terdengar suaranya saja.
  • Jika sudah muncul bonding/ikatan antara pleci jantan dan betina, maka mereka akan menjadi lebih sering sahut-sahutan. Kondisi tersebut tentu akan memancing burung jantan untuk mengeluarkan suaranya yang paling lantang.
  • Dengan terbentuknya bonding tersebut, maka akan menjadikan pleci jantan memiliki jontrot atau partner yang bisa membuatnya lebih rajin berbunyi. Partner tersebut tentu saja harus turut dibawa serta ke mana pun sang jantan pergi, termasuk ketika akan dilombakan. 
  • Bagian paling penting adalah memenuhi dan menyediakan semua kebutuhan harian pasangan burung tersebut. Hal itu meliputi pemberian pakan, khususnya pakan yang tinggi nutrisi dan juga extra foodingnya.

Semoga bermanfaat

Related Posts