Beberapa jenis pakan yang baik untuk burung kolibri

0
3
pakan untuk kolibri

Kolibri atau burung-madu menjadi pilihan alternatif kicaumania yang ingin memelihara jenis burung yang bersuara bagus dengan gaya tarungnya yang khas ini. Bagi pemula, sangat penting mengetahui jenis makanan apa saja yang bisa diberikan pada burung kolibri terutama untuk menjaga kondisinya sepanjang hari. Berikut beberapa jenis pakan yang baik untuk burung kolibri.

Terdapat beragam jenis burung-madu atau yang lebih dikenal dengan sebutan kolibri yang umum dipiara kicaumania. Beberapa jenis di antaranya cukup populer seperti kolibri ninja, kolibri kepala, dan lain sebagainya. Jenis burung ini adalah pemakan nektar atau cairan manis yang berasal dari bunga. Selain itu, burung ini juga dikenal sangat suka memangsa beberapa jenis serangga kecil seperti laba-laba, dsb.

Untuk menjaga kondisinya agar tetap aktif dan rajin berbunyi sepanjang hari, maka burung-madu akan membutuhkan asupan pakan yang tepat. Selama ini, ada beberapa jenis pakan yang bisa diberikan dalam perawatan hariannya, antara lain:

Voer halus

Banyak kicaumania yang akan memberikan pakan berupa voer halus untuk burung kolibri rawatannya. Dengan demikian, kondisinya akan selalu terjaga setiap hari meski sedang ditinggal oleh pemiliknya. Akan tetapi, tak semua burung mau mengonsumsi pakan voernya itu, terlebih burung yang didapatkan dari hasil tangkapan hutan / bakalan.

Agar burung mau mengonsumsi pakan voernya tersebut maka mereka perlu dilatih terlebih dahulu dengan pakan tersebut. Ada beberapa cara melatih burung makan voer, dan beberapa di antaranya sudah diulas secara tuntas dalam artikel berikut:  Cara ampuh melatih burung makan voer

nektar 

Burung-madu atau kolibri adalah pemakan nektar atau cairan manis yang berasal dari bunga. Namun dalam perawatan hariannya tentu tidak mudah mendapatkan nektar langsung dari bunga karena cairan ini mudah sekali menguap. Cara alternatifnya adalah memberikan larutan nektar buatan dengan mencampurkan air gula dengan air matang yang perbandingannya 1:4. Nektar buatan ini memiliki kandungan yang hampir mirip dengan nektar yang terdapat pada bunga.

Simak lagi yu: Membuat nektar buatan untuk burung kicauan

Pakan tambahan 

Seperti juga burung peliharaan jenis lainnya, burung-madu pun membutuhkan asupan protein hewani yang bersumber dari serangga. Selain jangkrik berukuran kecil dan ulat kandang, kolibri atau burung-madu juga bisa diberikan pakan tambahan berupa laba-laba berukuran kecil sesuai kebiasaannya di alam.

Adapun untuk melengkapi kebutuhan nutrisinya, anda bisa menambahkan satu sendok teh kecil kroto setiap pagi atau bisa juga secepuk kecil madu alam, serta multivitamin tambahan agar kondisi burung tetap terjaga sepanjang harinya.

Demikian beberapa jenis pakan yang baik untuk burung-madu / kolibri.

Semoga manfaat

Tinggalkan Komentar:

Tekan enter untuk komentar
Tulis nama kamu