Beberapa pakan alami untuk menjaga warna kenari merah

perawatan kenari merah

Kenari terdiri dari beragam varietas yang sudah sangat dikenal, mulai dari yang populer seperti yorkshire sampai waterslagger. Namun begitu, dari semua jenisnya tersebut kenari merah atau red factor adalah kenari yang unik karena mempunyai warna bulu keseluruhan yang berwarna merah. Lalu bagaimana menjaga agar warna merah tersebut tetap awet dan tidak mudah pudar khususnya setelah burung berganti bulu? Berikut beberapa pakan alami untuk menjaga warna kenari merah

Kenari merah atau red factor canary memiliki pigmen bulu kemerahan yang tidak bisa dijumpai pada jenis kenari biasa / standar lainnya. Dari bulu yang berwarna merah tersebut, ada beberapa varietas yang cukup popular dan sangat ditentukan oleh intensitas warna merah pada bulu-bulunya tersebut seperti red intensive (merah pekat), red mosaic (bon putih merah), rose (merah pastel), dan sebagainya.

Secara umum, perawatan jenis-jenis kenari tersebut tidak lah jauh berbeda khususnya untuk menjaga agar kualitas dan warna merah pada bulu-bulunya itu tidak mudah pudar terutama setelah burung  mengalami masa mabungnya. Untuk itu, dibutuhkan asupan pakan alami untuk menjaga warna kenari merah dengan kandungan beta carotene yang cukup tinggi.

Berikut beberapa jenis pakan alami untuk menjaga warna kenari merah

Wortel

Wortel merupakan salah satu jenis sayuran yang mengandung beta karoten yang dapat memunculkan pigmen merah. Cara pemberianna bisa diberikan dengan cara diparut  atau direbus terlebih dahulu lalu digantungkan di dalam sangkar hariannya.

Cabai merah  / paprika 

Cabai merah atau juga paprika dapat diberikan pada burung kenari merah karena mengandung beta karoten penghasil warna merah. Cara pemberiannya bisa dilakukan dengan menggantungkan cabai merah / paprika utuh di dalam sangkarnya atau diolah terlebih dahulu dalam bentuk kering / dibuat tepung.

BACA:  Cara Memilih Kenari Bakalan di Ombyokan

Ubi jalar

Ubi-ubian seperti ubi jalar dapat diberikan pada kenari merah dengan cara direbus.

Labu

Buah labu dapat diberikan pada waktu kenari merah sedang masuk masa mabungnya. Hal ini bertujuan untuk menguatkan pigmen merah sehingga tidak mudah pudar begitu burung kenari tersebut berganti bulu.

Tomat dan melon

Tomat dan melon juga diketahui memiliki kandungan beta karoten yang tinggi sehingga bisa diberikan sebagai pakan tambahan untuk kenari merah.

Itulah beberapa pakan alami untuk menjaga warna pada kenari merah [BM1]