Bulu tidak tumbuh setelah dicabut? Ini solusinya

Bagian tubuh paling penting yang dimiliki burung adalah bulu. Dengan bulu mereka bisa terbang dan juga akan mendapatkan kehangatan saat berada di tempat dingin. Ketika bulu mulai rusak, kicaumania akan cenderung mencabutinya dengan harapan agar bisa tumbuh kembali. Namun yang sering terjadi adalah bulu tidak tumbuh setelah dicabut.

Untuk menjaga kualitas bulu, burung akan mengolesinya dengan lapisan minyak yang terdapat pada pangkal ekornya. Minyak tersebut berguna untuk menjadikan bulu lebih kuat, berkilau, dan tahan air.

Burung piaraan akan membutuhkan asupan nutrisi yang cukup untuk menjaga kekuatan bulu-bulunya tersebut. Selain itu, perawatan harian rutin lainnya pun perlu diperhatikan terutama mandi dan jemurnya. Jika hal tersebut diabaikan oleh yang merawatnya, maka kondisi bulu akan menjadi mudah kering dan rusak.

Bulu ekor adalah bagian tubuh burung piaraan yang gampang sekali rusak / nyerit. Karena tidak enak dilihat tersebut, banyak kicaumania yang lantas mencabuti bulu yang rusak tersebut dengan harapan bisa tumbuh kembali. Jika pencabutan bulu dilakukan dengan kurang tepat, tentu bulu baru tidak akan tumbuh dengan sempurna, bahkan tidak dapat tumbuh kembali.

Ketika mencabuti bulu burung dengan tidak sempurna maka bulu baru tidak bisa tumbuh karena akar bulu yang terhalang oleh sisa-sisa darah yang membeku. Atau bisa juga disebabkan oleh sisa patahan dari bulu yang masih menempel akibat dari pencabutan bulu yang kurang tepat tersebut.

Untuk memulihkan kondisi kulit burung agar bulu baru bisa tumbuh sempurna, maka diperlukan pengamatan pada bagian kulit dimana bulu tersebut telah dicabut.

Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk membersihkan area kulit bekas cabutan bulu, yaitu:

  • Jika ada sisa-sisa patahan bulu maka bisa dicabut dengan menggunakan pinset.
  • Jika ada gumpalan darah yang membeku / mengering di area kulit tempat dicabutnya bulu, maka segera bersihkan dengan menggunakan air hangat lalu diusap-usap pada bagian kulit tersebut.
  • Bisa juga membersihkan area kulit bekas dicabuti bulu dengan menggunakan gel dari lidah buaya.

Setelah semua sudah dilakukan, maka untuk mempercepat proses pertumbuhan bulu baru, anda bisa memberikan vitamin dan mineral tambahan selama dalam perawatannya. (BM)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close