Burung suka dongak? Ini cara mengatasinya

atasi burung dongak

Dongak atau neunggak  adalah salah satu perilaku buruk yang ditunjukkan oleh burung piaraan. Kondisi tersebut perlu segera diberikan penanganan, karena dampak yang ditimbulkan akan berpengaruh langsung pada kualitas suara dan penampilannya. Berikut cara mengatasi burung yang suka dongak.

DONGAK adalah perilaku burung yang selalu mendongak / mengangkat kepalanya ke atas dengan leher tertekuk.  Dongak berbeda dengan salto, karena ketika burung mengalami kondisi ini kadang  disertai juga dengan gerakannya yang melompat-lompat di tenggeran sambil bergeser ke kiri dan kanan. Dan, kebiasaan buruk ini akan terus diulangi dalam waktu beberapa lama.

Pada umumnya, burung dengan kelemahan seperti ini akan sulit sekali menunjukkan penampilan terbaiknya. Nenggak bisa terjadi karena perawatan yang kurang tepat seperti kurangnya nutrisi yang dibutuhka, ukuran sangkar yang tidak tepat, tenggeran yang tidak sesuai, dan juga akibat kekurangpahaman kicaumania dalam merawat burung kicauan.

Dalam banyak kasus, perilaku buruk ini kerap dijumpai pada beberapa jenis burung yang memiliki karakter sangat aktif seperti wambi, robin, cendet, pancawarna, jalak, serta beberapa jenis poksay seperti poksay hongkong, mandarin, dan jambul. Meski begitu, tak jarang hal ini pun bisa juga dialami oleh burung kicauan jenis lainnya.

Cara mengatasi burung yang suka dongak

Berdasarkan pengalaman penulis serta beberapa kicaumania lainnya, perilaku burung yang suka nenggak tersebut bisa dikurangi dengan melakukan beberapa macam terapi / perawatan, di antaranya adalah:

Memberi setengah krodong

Sangkar ditutupi dengan kain kerodong tapi tidak menutupi semua / tidak full melainkan hanya pada bagian atasnya saja. Hal ini akan menjadikan burung lebih tenang sehingga bisa mengurangi perilaku buruknya tersebut.

Menambah tenggeran

Jika selama ini burung hanya menggunakan satu buah tenggeran saja, maka untuk mencegah perilaku nenggaknya terus berulang anda bisa memasangkan satu buah tenggeran tambahan. Tenggeran tersebut dipasangkan dengan posisi melintang. Hal ini juga dapat membantu mengurangi perilaku buruknya tersebut.

BACA:  Pisonia, pohon yang dapat membunuh burung

Memasang benda berayun

Benda berayun di sini maksudnya adalah sebuah benda berat yang diikat dengan tali lalu digantungkan di dalam sangkarnya pada posisi di atas. Benda yang digunakan bisa berupa apa saja, yang penting akan menarik perhatian si burung.

Ketika burung mulai menunjukkan perilaku nenggaknya sambil melompat-lompat maka sangkar akan bergoyang dan akan menggerakkan benda tersebut. Pada saat itu juga, burung akan segera menghentikan perilaku buruknya itu.

Melengkapi kebutuhan nutrisi burung 

Kekurngan nutrisi juga bisa mempengaruhi perilaku burung piaraan. Oleh karenanya, kebutuhan harian burung harus selalu diperhatikan dengan menyediakan beberapa jenis pakan tambahan yang bervariasi. Untuk melengkapi kebutuhan nutrisinya, Anda bisa menambahkan suplemen atau vitamin dalam perawatan hariannya.

Mengganti sangkarnya

Sangkar yang kurang sesuai atau tidak tepat peruntukkannya juga bisa menyebabka n burung berperilaku yang demikian. Solusinya, adalah coba mengganti sangkarnya dengan model dan ukuran lainnya.

Semoga manfaat