Burung susah buang kotoran? Cek solusinya di sini

merawat kenari botak

Gangguan pencernaan adalah masalah umum yang kerap dijumpai pada burung peliharaan. Biasanya juga, kondisi tersebut bisa dideteks dari bentuk feces / kotoran yang dihasilkannya. Namun sering terjadi juga burung yang sulit membuang kotorannya, dan jika itu terjadi harus segera diatasi sebelum kondisinya kian memarah. Untuk mengatasi burung susah buang kotoran, simak solusi dan penanganannya berikut ini.

burung sulit buang kotoran

 

Secara umum, burung sulit buang kotoran disebabkan oleh bentuk kotoran yang terlalu padat. Hal ini biasanya terjadi akibat burung kekurangan cairan yang menyebabkan terganggunya proses cerna dari pakan yang dikonsumsinya. Selain itu, permasalahan tersebut juga bisa disebabkan oleh burung mengkonsumsi pakan yang tidak sehat, seperti serangga yang sudah lama mati, kroto yang sudah basi, maupun pakan yang sudah berjamur.

Sebagian besar, burung yang susah buang kotoran bisa dilihat dari perilakunya. Mereka biasanya akan serig mengangkat tunggingnya sambil berjungkit (gerakan naik – turun) ketika akan buang air besar. Adapun dalam kondisi yang sudah parah, burung akan kerap mematuki bagian kloakanya hingga berdarah-darah.

Masalah  burung sulit buang kotoran tidak bisa diabaikan begitu saja. Jika terlambat ditangani maka dapat merembet pada gangguan kesehatan yang lainnya.

Berikut cara mengatasi burung yang susah buang kotoran:

  • Tidak memberikan voer dahulu selama masa terapi, tetapi burung hanya mendapatkan pakan yang full ef saja baik berupa serangga maupun buah-buahan.
  • Berikan kroto segar dan tambahan cacing tanah setiap harinya, selain itu celupkan tubuh jangkrik dalam minyak zaitun sebelum diberkan pada burung.
  • Berikan buah-buahan segar dan mengandung banyak air dan serat seperti pepaya, melon, jeruk, dan mentimun.
    Tambahkan dua tetes minyak zaitun ke dalam air minumnya.
BACA:  Mengenal jenis-jenis burung yang beracun di Papua

Sedangkan untuk burung pemakan biji-bijian seperti parkit, kenari, dan lovebird maka cara penanganannya adalah sebagai berikut:

  • Memberikan pakan biji-bijian seperti biasa, dan mengurangi pakan tambahan seperti telur puyuh, biji bunga matahari (kuaci), dan buah apel.
  • Mencampurkan dua tetes minyak zaitun ke dalam air minumnya.

Metode pengobatan lain adalah dengan menggunakan cotton bud yang dicelupkan ke dalam minyak zaitun lalu dioleshkan pada bagian kloaka burung.