Cara cepat melatih beo bicara

Burung beo yang banyak dicari kicaumania untuk dipiara rata-rata adalah yang berasal dari Sumatera. Jenis beo ini dikenal mudah jinak dan cepat menghafal apa yang dilatihkannya. Walau begitu, beo yang berasal dari daerah lainnya seperti Kalimantan pun bisa juga memiliki kecerdasan yang sama jika dilatih dengan baik. Untuk itu, berikut cara melatih beo agar pandai bicara.

Berikut cara cepat melatih beo bicara

Melatih beo dapat dilakukan dengan beragam cara mulai dari memutarkan suara masteran hingga menempelkannya dengan burung beo yang sudah pintar. Berikut cara cepat melatih beo bicara:

1. Melatih beo dengan suara masteran

letakkan sangkar burung beo di lantai, lalu tutuplah dengan kain kerodong yang tebal. Simpan perangkat audio tidak jauh dari sangkarnya, lalu putarkan suara masterannya secara berulang-ulang.

Namun harap diperhatikan agar burung mampu mengikuti suara masterannya maka audio yang diputar sebaiknya berisi maksimal 3 buah suara masteran yang berlainan. Setelah beberapa minggu suara masterannya itu diganti dengan suara baru.

melatih beo bicara media burung

 

 

Pemasteran dilakukan setiap hari yaitu pada pagi, siang, sore dan malam hari. Pemutaran suara masterannya bisa dilakukan selama 30 menit s/d 1 jam. Lakukan secara rutin, dan jika dalam beberapa minggu burung sudah pandai menghafal salah satu suara masterannya, maka gantilah suara masterannya itu dengan suara lain yang baru.

2. Melatih beo dengan beo lain

Jika ada yang kebetulan memelihara burung beo yang sudah ngoceh, anda bisa memanfaatkannya untuk melatih beo yang baru dibeli. Gantungkan beo mudai itu di dekat sangkar beo yang sudah pintar itu. Untuk hasil yang lebih efektif, berikan full kerodong pada sangkar beo muda  yang akan dilatih itu.

Lakukan penempelan secara rutin dan terus menerus, anda bisa memulainya pada pagi hari dan membawa pulang pada sore harinya. Pemasteran dilakukan selama beberapa hari, dan untuk mempercepat prosesnya lakukan juga pemasteran dengan suara rekamannya di rumah.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close