Cara melatih mental cendet

burung cendet

Cendet, pentet, atau toet adalah jenis burung yang disukai karena suaranya yang bervariasi. Selain dipelihara sebagai klangenan, cendet juga banyak dicari untuk dilombakan. Melatih mental cendet dapat dilakukan sejak burung masih berumur trotolan. Berikut beberapa cara melatih mental cendet.

Melatih mental cendet bisa dilakukan sejak burung masih berumur anakan atau trotolan. Pada kondisi tersebut, mental cendet masih bisa dilatih untuk lebih maksimal daripada melatih cendet bakalan yang sudah berumur dewasa.

Ada beberapa macam cara melatih mental cendet yang semuanya itu ditujukan agar burung jadi lebih terbiasa dengan situasi dan kondisi yang di luar kebiasaan.

Berikut beberapa cara melatih cendet:

Digantang dekat dengan burung kicauan lain yang sudah gacor

Gantungkan sangkar yang berisi cendet anakan / trotolan di dekat sangkar burung kicauan lain yang sudah gacor dan bersuara kncang. Hal ini untuk melatih agar cendet terbiasa dengan suara yang kencang sehingga tidak gampang kaget, ngedrop, dan kalah mental saat diadu dengan cendet lain di ajang lomba.

Lakukan pemasteran dengan suara yang kasar dan tajam

Melatin mental cendet bisa dilakukan dengan rutin melakukan pemasteran menggunakan suara yang kasar dan tajam. Pemasteran bisa dilakukan menggunakan suara masteran dari perangkat pemutar audio, maupun menggunakan suara dari burung asli.

Memberikan terapi mandi malamĀ 

Mandi malam dapat dilakukan untuk meningkatkan mental cendet. Cendet yang rutin diberikan terapi mandi malam akan memiliki mental yang lebih baik, serta lebih rajin bunyi.

Membangkitkan naluri alami cendet

Di alam liar, cendet adalah jenis burung pemangsa / predator. Mereka akan berburu hewan atau burung kecil yang ada di habitatnya untuk bertahan hidup. Ketika dipelihara dalam sangkar, naluri alami tersebut secara perlahan akan menghilang, apalagi setelah burung ini bisa mendapatkan pakan dan minumnya dengan mudah.

BACA:  Ini dia manfaat daun ginseng jawa untuk kenari dan lovebird

Untuk melatih mentalnya, maka membangkitkan naluri alami cendet bisa dilakukan dengan cara memberikan untulan, yaitu memasukkan burung kecil ke dalam sangkarnya untuk diburu.

Jangan manjakan cendet

Melatih mental cendet harus pula disertai dengan menjaga kebiasaan dari si pemilik burung. Untuk cendet yang masih anakan / trotolan, sebaiknya hindari memberi pakan langsung dari tangan karena bisa menjadikan burung cendet gampang miyik atau manja. Berikan saja pakan tambahan itu dengan cara dimasukkan dalam cepuk terpisah.

Jaga kebersihan

Menjaga kebersihan adalah cara lain melatih mental cendet. Sangkar yang terjaga kebersihannya tentu akan menjadikan burung yang menghuninya akan selalu sehat, aktif, dan selalu terjaga kondisinya.

Selain itu, burung yang memiliki bulu-bulu yang bersih dan sehat akan lebih cepat terbangkitkan mentalnya, serta akan menjadi lebih rajin berbunyi.

Demikian cara melatih mental cendet.

Semoga manfaat