Cara melatih mental ciblek gunung agar makin gacor

melaitih mental ciblek gunung

Ciblek gunung banyak dipelihara sebagai masteran maupun dilombakan. Suaranya yang penuh tembakan kasar menjadikan burung ini banyak dicari para kicaumania.

Melatih ciblek gunung agar rajin bersuara ngebren tersebut kuncinya hanya satu, yaitu memiliki mental yang sangat baik. Yuk, simak cara melatih mental ciblek gunung agar makin gacor berikut ini.

Memelhara burung ciblek agar rajin bunyi tidak cukup dengan memberinya pakan dan minumnya saja, tetapi juga harus disertai dengan pola perawatan rutin lainnya.

Selain memenuhi kebuthan gizinya, ciblek itu juga harus dilatih mentalnya agar mau bunyi kapan dan di mana saja, sehingga akan selalu siap dijadikan masteran dan lomba.

Berikut cara melatih mental ciblek gunung agar makin gacor:

Menyiapkan ciblek yang akan dilatih 

Burung yang akan dilatih sebaiknya dipilih yang sudah berumur mendekati dewasa, karena sudah mempunyai kemampuan untuk bersuara kencang.

Rutin diembunkan

Setiap hari, burung ciblek diberikan terapi pengembunan dengan rutin. Selain untuk meningkatkan stamina, pengembunan dapat memancing burung untuk lebih rajin berbunyi.

Memberikan pakan yang lengkap

Selaa masa terapi, burung ciblek tidak diberikan setingan ef atau setelan pakan hariannya, melainkan mendapatkan asupan pakan yang lengkap dan bervariasi. Kebutuhan proteinnnya harus terpenuhi dahulu untuk membangkitkan mental dan birahinya. Dengan begitu, burung bisa terpancing untuk rajin berbunyi.

Beberapa jenis pakan tambahan yang diberikan antara lain: ulat kandang, jangkrik, ulat hongkong, belalang, dan kroto.

Melatih nafas dan fisik 

Lakukan pengumbaran secara teratur setelah burung dimandikan setiap pagi. Pengumbaran bertujuan melatih fisik dan nafas burung sehingga jadi lebih kuat, selain itu pengumbaran juga akan menjadikan burung selalu aktif dan rajin berbunyi.

Melatih dengan burung sejenis

BACA:  Tiga jenis burung cingcoang / jongkangan dan suaranya untuk pancingan

Latih mental burung dengan cara digantang bersama-sama ciblek gunung lain dalam sebuah latihan kecil-kecilan, atau hanya diikuti beberapa ekor burung saja. Pelatihan tersebut bisa dilakukan setiap seminggu sekali dengan mengumpulkan beberapa ciblek gunung lain yang berumuran sama.

Melatih di lapangan

Sebelum melombakan ciblek gunung dalam sebuah ajang lomba burung, sebaiknya ciblek tersebut dilatih dahulu agar tebiasa dengan suasana lomba yang ramai oleh hiruk pikuk kicauan burung dan teriakan penonton.

Hal ini dapat dilakukan dengan menggantang sangkarnya di lokasi yang tidak jauh dari tempat berlangsungnya kelas ciblek gunung. Jika dirasa sudah siap, maka minggu berikutnya ciblek tersebut sudah bisa dikutsertakan untuk berlomba.

Demikian cara melatih mental ciblek gunung agar makin gacor.

Semoga bermanfaat