Cara meraba capit udang untuk bedakan burung jantan dan betina

supit udang

Untuk membedakan burung jantan dengan betina biasanya dilakukan dengan mengamati perilaku dan penampilan fisiknya. Tapi jika hal itu sulit dilakukan khususnya pada jenis lovebird, maka meraba capit udang menjadi solusi terakhir yang akan dilakukan. Sebagai panduan, berikut cara meraba capit udang untuk bedakan burung jantan dan betina.

Pada umumnya, mengetahui jenis kelamin dengan cara meraba capit / supit udang bisa dilakukan ketika burung tersebut telah berumur dewasa. Selain kondisi burung yang sudah matang kelamin, capit udang yang dimiliki burung betina akan jadi lebih elastis karena pengaruh hormon.

Ketika berumur dewasa, jarak supit udang burung betina menjadi lebih lebar pada waktu ditekan, sedangkan pada burung jantan capit udangnya cenderung sempit / rapat.

Supit udang yang dipunyai burung betina akan terasa lebih lunak sewaktu ditekan dan seperti terbuka / melebar ketika ditekan. Adapun pada burung jantan, capit udangnya akan terasa lebih lancip, rapat, dan keras sewaktu ditekan.

cek capit udang burung lovebird

 

Hal-hal yang perlu diperhatikan saat akan meraba capit udang burung adalah memberi tekanan dengan cara yang tidak kasar serta tidak melakukannya secara terburu-buru agar tidak melukainya.

Baca juga tips-tips rawatan dan informasi burung lainnya yang layak untuk disimak:

Solusi untuk atasi kenari yang botak
Mengenal beberapa jenis kenari impor
Penyebab kematian mendadak pada burung
Melatih kenari agar jinak tangan

Demikian cara meraba capit udang untuk bedakan burung jantan dan betina.

Semoga manfaat

Tinggalkan Komentar:

Tekan enter untuk komentar
Tulis nama kamu