Cara merawat burung decu belang bakalan agar rajn bunyi

merawat decu belang agar gacor

Perawatan burung decu belang agar tetap aktif sepanjang hari bisa dilakukan dengan memenuhi semua kebutuhan hariannya. Selain itu, untuk menjadikannya rajin bunyi maka bisa dilaukan dengan cara menggantungkan burung lain yang sudah gacor di dekat sangkarnya atau bisa juga memutarkan suara rekamannya. Terkait hal tersebut, berikut adalah CARA MERAWAT DECU BELANG BAKALAN AGAR RAJIN BUNYI.

Decu belang / Pied bushchat (Saxicola caprata) adalah jenis burung kicauan dengan penampilan yang mirip kacer dada hitam namun dengan ukuran tubuh yang jauh lebih kecil. Karena memiliki kemiripan itulah, decu belang kerap disebut juga sebagai kacer mini.

merawat decu belang agar gacor
Burung decu belang yang berpenampilan mirip kacer

 

Walaupun bertubuh kecil, namun decu belang mempunyai suara kicauan yang sangat nyaring dan bisa bervariasi sebagaimana burung kacer pada umumnya. Itu pula sebabnya, jenis burung ini kini makin dicari oleh banyak kicaumania yang tertarik untuk memeliharanya.

Perawatan decu belang agar selalu aktif

Burung bakalan yang baru didapat umumnya masih berada dalam kondisi yang sangat stres/depresi sehingga diperlukan penanganan yang tepat untuk mempercepat pemulihannya. Berikut beberapa cara penanganan burung decu belang yang masih bakalan /muda hutan:

  • Tempatkan sangkarnya di tempat tenang terlebih dahulu selama beberapa hari agar burung beradaptasi dengan sangkar dan juga lingkungan barunya. Selain itu, tidak dianjurkan untuk langsung menggantungkan sangkarnya di tempat ramai dengan alasan agar cepat jinak karena kondisinya yang masih stres berat.
  • Burung bakalan yang baru didapat sebaiknya tidak dimandikan terlebih dahulu sebelum kondisinya telah benar-benar pulih. Memandikan burung bakalan apalagi sampai basah kuyup justru akan memperparah keadaan dan menyebabkannya rentan sakit karena biasanya mereka akan menolak untuk makan.
  • Selama beberapa hari, burung bakalan tersebut mendapatkan asupan pakan berupa full ef / extra fooding. Setelah kondisinya mulai membaik, baru dilatih agar mau makan voer. Cara melatih burung makan voer bisa disimak lagi dalam artikel berikut: Latih makan voer
  • Menambahkan multivitamin untuk menjaga kondisi dan kesehatannya sepanjang hari.
  • Setelah beberapa hari / minggu kemudian, kondisi burung akan kembali pulih yang biasanya ditandai dari perilakunya yang mulai lincah, aktif, dan gemar makan. Pada saat itulah, anda bisa memberikan pola rawatan tambahannya yang lain seperti mandi, jemur, dan juga melatihnya untuk jinak.
BACA:  Dua jenis burung tledekan populer

Setelah kondisinya mulai tampak lebih aktif, lincah, dan mau mengeluarkan suaranya meski masih malu-malu, maka pemasteran bisa dilakukan dengan cara menggantungkan burung lain yang gacor tidak jauh dari sangkarnya.

Untuk alternatifnya, kicaumania bisa memanfaatkan beberapa variasi suara kicauan decu belang berikut ini untuk memancingnya agar lebih rajin berbunyi:

Suara kicauan decu belang untuk memancing bunyi | DOWNLOAD

Suara kicauan decu belang betina untuk memancing bunyi | DOWNLOAD

 

Semoga manfaat