Cara merawat burung tledekan gunung yang macet bunyi

sikatan sulingan tledekan

Tledekan atau sulingan merupakan nama lain untuk jenis burung dari kelompok sikatan. Dari beberapa jenisnya itu, yang paling popular adalah yang dikenal dengan nama tledekan gunung. Jenis burung ini tak hanya dipiara sebagai klangenan saja, tapi juga sudah masuk ranah lomba sejak puluhan tahun silam. 

Tledekan gunung dikenal karena suara kicauan yang khas, merdu, dan penuh variasi. Ketika bernyanyi, tak jarang burung ini akan tampil dengan gaya uniknya. Namun tledekan gunung terkenal gampang stres dan macet bunyi.

Untuk mengatasi tledekan gunung yang macet bunyi, berikut beberapa cara yang bisa diterapkan:

  1. Gunakan sangkar dengan ukuran yang sesuai. Burung tledekan gunung gampang sekali stres jika ditempatkan dalam sangkar yang kecil dan sempit. Sangkar yang cocok untuk burung ini minimal berukuran tiga kali rentangan sayapnya sehingga burung akan lebih aktif bergerak.
  2. Tledekan gunung adalah jenis burung bertipe teritorial, sehingga dalam perawatannya agar dijauhkan dari keberadaan burung teritorial lainnya seperti murai batu atau kacer. Hal ini agar tledekan lebih merasa nyaman berada di dalam sangkarnya, sehingga bisa bebas berkicau.
  3. Lakukan pengembunan dengan lebih rutin.
  4. Setelah matahari pagi mulai terbit, segera berikan pakan berupa kroto sebanyak satu sendok teh. Beberapa menit kemudian, burung dimandikan dengan cara disemprot atau memasukkan bak mandi kecil ke dalam sangkarnya.
    Selesai mandi, burung diangin-anginkan sebentar sambil diberikan pakan tambahan berupa ulat hongkong sebanyak 1-2 ekor. Setelah itu, burung dijemur selama 30 menit.
    Pindahkan burung ke tempat teduh, lalu berikan jangkrik kecil sebanyak 2-3 ekor.
  5. Selama berada di tempat teduh tersebut, burung tledekan dipancing untuk bunyi dengan memutarkan suara panggilan / kicauan burung sejenis.
BACA:  Download suara burung nightingale untuk masteran

Hal-hal penting yang perlu diperhatikan untuk mendukung pemulihan kondisinya adalah:

  • Menjaga kebersihan sangkar dan perlengkapannya,
  • Rutin memandikan burung setiap hari,
  • Rutin memberikan terapi masteran untuk memancing bunyi.
  • Sesekali memberikan terapi mandi malam.
  • Memberikan suplemen atau multivitamin untuk menjaga kondisinya.

Demkian cara merawat burung tledekan gunung yang macet bunyi.

Semoga manfaat