Cara merawat burung yang sedang mengerami telur

burung mengerami telur

Perawatan burung yang sedang mengerami telur-telurnya membutuhkan perhatian yang sangat khusus, terutama agar telur bisa menetas dengan sempurna. Banyak faktor gangguan yang bisa muncul dan menyebabkan indukan mengabaikan sarang, hal tersebut tentu akan menyebabkan proses ternak menjadi terhambat. Sebagai panduan bagi pemula, berikut cara merawat burung yang sedang mengerami telur.

Bagi pemula, tentu akan menjadi sebuah kebanggaan ketika menyaksikan sepasang burung yang diternaknya mulai mengumpulkan dan menyusun sarangnya. Detik-detik tersebut biasanya akan dinantikan oleh si peternak dengan harap-harap cemas sampai indukan sudah meletakkan telur-telurnya.

Pemula yang terlalu penasaran biasanya sangat ingin tahu berapa jumlah telur yang dihasilkan burung mereka itu dengan cara mengangkat sangkar atau membuka kotak sarang hanya untuk menghitung berapa butir telur di dalamnya. Tanpa disadari, tindakan tersebut berpotensi memunculkan gangguan bagi burung indukan sehingga mereka akan mulai mengabaikan sarangnya.

Perlu diketahui juga, gangguan yang muncul tidak hanya datang dari peternak yang selalu membuka tutup kotak sarangnya saja tapi juga bisa dipicu oleh faktor lain seperti:

  • Lingkungan yang terlalu ramai oleh suara bising maupun orang yang lalu lalang di dekat kandang ternaknya.
  • Adanya hewan liar / piaraan lain yang selalu mendekati kandang ternak.
  • Persediaan pakan dan air minum yang kurang diperhatikan, dll.

Cara merawat burung yang sedang mengerami telur

Pada umumnya, burung indukan akan mulai melakukan pengeraman setelah telur terakhir diletakkan. Proses pengeramannya sendiri bisa berlangsung selama 12 s/d 14 hari, dan selama itu peternak harus bisa mengusahakan keamanan dan kenyamanan burung indukan dengan cara:

  • Menjamin kandang ternak aman dari polusi suara, hewan liar, dan gangguan lainnya.
  • Memberikan asupan yang lengkap dan tinggi nutrisi.
  • Menambahkan multivitamin selama proses ternak berlangsung.
BACA:  Membuat pakan racikan agar lovebird ngekek panjang

Burung indukan yang sedang mengerami telur-telurnya, mereka akan membutuhkan energi yang cukup untuk hal tersebut. Oleh karena itu, pastikan burung indukan mendapatkan pakan yang lengkap dan kaya nutrisi. Hal ini bisa dilakukan dengan menyediakan berbagai jenis pakan mulai dari pakan utama (voer / biji-bijian) lengkap dengan pakan tambahannya seperti serangga, buah, dan sayuran.

Untuk menjaga kondisi indukan selama proses pengeramannya, pastikan pula kalau mereka telah mendapatkan asupan multivitamin tambahan yang diperlukan.

Demikan cara merawat burung yang sedang mengerami telur.

Semoga manfaat