Cara mudah dan praktis ternak ulat hongkong

Membahas bagaimana cara paling mudah dan praktis dalam ternak ulat hongkong

Ulat hongkong / mealworm menjadi salah satu jenis pakan tambahan yang penting untuk berbagai jenis reptil dan burung kicauan. Anda bisa mendapatkan jenis ulat ini dengan mudah di kios burung atau bahkan menernaknya sendiri untuk kebutuhan pakan hewan piaraan. Berikut cara mudah dan praktis ternak ulat hongkong di rumah.

Ulat hongkong memiliki kandungan protein yang lebih tinggi dari pakan jenis lainnya. Namun jenis ulat ini dianggap tidak baik jika dikonsumsi terlalu berlebihan oleh burung kicauan karena sifat panas yang dimilikinya. Meski begitu, jenis ulat ini cukup popular di kalangan kicaumania karena sangat disukai oleh berbagai jenis burung ocehan.

Untuk memulai ternak ulat hongkong, perlengkapan yang dibutuhkan adalah:

  1. Wadah / kandang yang akan digunakan untuk ternak .
  2. Pakan yang terdiri dari potongan kecil buah dan sayuran.
  3. Tepung gandum atau sereal atau bisa juga voer ayam yang digunakan sebagai tempat berbiak.

Cara mudah dan praktis ternak ulat hongkong di rumah

1. Menyiapkan kandang untuk ternak. Kandang yang akan digunakan sebagai tempat ulat hongkong berkembang biak adalah sebuah wadah yang terbuat dari plastik dan berpenutup rapat untuk menjaganya dari serangan semut atau hewan pengganggu.

kandang ternak ulat hongkong media burung
kandang ternak ulat hongkong

 

2. Menyiapkan ulat hongkong. Anda bisa membeli ulat hongkong di kios pakan burung dengan harga yang bervariasi. Tidak ada batasan berapa jumlah ulat yang akan diternak, namun semakin banyak jumlahnya maka hasilnya pun akan semakin besar pula.

ulat hongkong media burung
ulat hongkong

 

3. Menyiapkan kandang.  Masukkan voer ayam atau tepung sereal ke bagian dasar wadah yang digunakan sebagai kandang ternak . Lapisan ini juga akan berguna sebagai pakan dan tempat bertelur.

Pakan media burung
Pakan

 

4. Setelah kandang disiapkan, masukkan ulat hongkong ke dalam media penyimpannnya.  Masukkan juga pakan buah dan sayuran.

Ulat hongkong ternak media burung
Ternak ulat hongkong

 

6. Simpan di tempat yang tidak terlalu lembab tapi tidak juga terlalu kering.

Proses perkembangbiakkan ulat hongkong

Selama disimpan di tempat teduh dan tidak terlalu lembab, ulat hongkong akan berubah menjadi kepompong dalam waktu 1-2 minggu kemudian, setelah itu menjadi kumbang dewasa.

Daur hidup ulat hongkong media burung
Daur hidup ulat hongkong

 

Pada tahap ini, setiap kumbang akan bertelur di media ternaknya dalam jumlah yang cukup banyak. Telur-telurnya itu akan menetas menjadi ulat hongkong kecil dalam waktu 1 – 4 minggu kemudian sebelum siap untuk dipanen.

Semoga manfaat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close