Ciri-ciri burung cucak hijau alami over birahi

0
9

Cucak hijau kerap dianggap sebagai jenis burung yang gampang berubah karakter dan perilakunya yang disebabkan oleh banyak hal, salah satunya adalah over birahi. Kondisi tersebut akan menyebabkan burung menunjukkan perilaku yang lain dari biasanya bahkan dapat mengurangi penampilannya. Berikut adalah ciri-ciri burung cucak hijau alami over birahi.

Berdasarkan pengamatan, ada beberapa ciri-ciri burung cucak hijau alami over birahi, yaitu:

1. Memelet-meletkan lidah

Memelet-meletkan lidah yang terkadang disertai juga dengan gelengan kepala dan suara seperti ngeriwik adalah salah satu ciri yang paling umum ditemukan pada burung cucak hijau yang sedang mengalami over birahi. Biasanya kalau sudah berperilaku yang demikian, cucak hijau tersebut akan menjadi jarang sekali berkicau dengan lantang dan cenderung bersuara ngeriwik saja sepanjang harinya.

2. Mengembangkan bulu /ngebalon

Perilaku mengembangkan bulu-bulunya sehingga tubuhnya tampak jadi lebih besar (ngebalon) tidak hanya dijumpai pada burung kacer saja. Bahkan cucak hijau yang sedang mengalami over birahi pun akan berperilaku yang demikian.
Dalam kondisi tersebut, cucak hijau yang kerap ngebalon umumnya tidak akan bisa tampil dengan maksimal ketika akan dilombakan. Mereka biasanya akan cenderung bertingkah nakal seperti naik-turun tenggeran dan jarang
mengeluarkan kicauannya.

3. Mendadak ngentrok / njegrig

Cucak hijau disukai karena gaya ngentroknya yang khas. Tapi tak sedikit juga kicaumania yang mengeluh kalau burung mereka tidak bisa bergaya ngentrok ketika bertemu lawannya. Nah, kalau anda kemudian mendapati cucak hijau piaraan mendadak ngentrok pada waktu didekati / dimainkan dengan tangan maka kemungkinan besar burung tersebut sedang mengalami over birahi.

4. Berubah jadi galak

Selain burung yang mendadak ngentrok, cucak hijau yang over birahi juga biasanya akan tiba-tiba menjadi galak terutama ketika dimainkan dengan tangan. Kondisi tersebut muncul ketika burung mengalamim emosi yang tinggi sehingga menyebabkan mereka mudah ngentrok dan galak meskipun hanya dimainkan dengan tangan.

Burung yang terlalu galak atau ngentrok tentu tidak akan bisa disertakan dalam lomba karena penampilannya akan menjadi tidak maksimal. Selain jarang berkicau, cucak hijau tersebut juga akan cenderung mengejar-ngejar lawannya atau ngeruji.

5. Menjadi burung yang pendiam

Over birahi tidak hanya menyebabkan burung mudah emosi saja tetapi juga berpengaruh pada kegacorannya. Kalau sebelumnya cucak hijau tersebut dikenal sangat rajin berbunyi / gacor setelah mengalami over birahi maka mereka akan cenderung menjadi pendiam atau jarang berbunyi. Kalaupun dipaksakan untuk dilombakan tentu tidak akan mendapatkan hasil yang maksimal.

Semoga bermanfaat

Tinggalkan Komentar:

Tekan enter untuk komentar
Tulis nama kamu