Empat jenis tanaman herbal untuk obati kaki burung yang sakit

tanaman herbal obati kaki burung sakit

Kaki yang bengkak akibat gigitan serangga, atau disebabkan oleh infeksi luka dan jamur menjadi permasalahan paling umum yang kerap menimpa burung peliharaan. Umumnya para kicaumania akan mengatasi masalah tersebut dengan menggunakan obat-obatan yang ditujukan untuk manusia, seperti salep kulit. 

Penggunaan obat-obatan tersebut tentu tidak dianjurkan, selain memang bukan hal yng biasa diberikan pada burung, juga karena dosisnya terlalu tinggi untuk hewan piaraan. Alternarifnya, Anda bisa memanfaatkan beberapa jenis tanaman berikut ini yang dapat digunakan untuk mengobati kaki burung yang sakit.

1. Daun lidah buaya

Daun lidah buaya mengandung getah atau gel yang dapat dimanfaatkan untuk menyembuhkan kaki burung yang luka, terinfeksi jamur, atau terkena gigitan serangga.

  • Cara penggunaannya pun cukup mudah, yaitu dengan mengoleskan bagian gel dari daun lidah buaya tersebut pada bagian kaki yang bermasalah.

2. Daun Kemanggi

Selain umum digunakan sebagai lalapan dan bahan makanan, daun kemanggi juga bisa dimanfaatkan untuk mengobati beragam masalah yang menimpa kaki burung peliharaan, termasuk gigitan serangga, bengkak, bumble foot, dan sebagainya.

  • Cara menggunakannya adalah dengan melumatkan daun kemanggi lalu ditempelkan pada bagian kaki yang sakit.

3. Daun Peterseli

Seperti kemanggi, peterseli juga lebih dikenal sebagai salah satu bahan dalam pembuatan bumbu masakan. Namun ternyata ada manfaat lain yang sangat berguna, yaitu mengobati sakit pada kaki burung peliharaan.

  • Cara penggunaannya adalah melumatkan daun peterseli lalu dioleskan / ditempelkan pada bagian kaki burung yang sakit.

4. Bawang putih

Bawang putih mengandung senyawa yang bisa dimanfaatkan untuk mengatasi masalah yang terjadi pada kaki burung, seperti terinfeksi jamur maupun scally leg / berkerak.

  • Cara penggunaannya adalah dengan mengoleskan cairan yang keluar dari bawang putih ke bagian kaki yang sakit / terinfeksi. Selain itu, bisa juga dilakukan dengan mengoleskan ekstrak bawang putih pada bagian kaki yang berjamur atau luka.
BACA:  Tips Perawatan Murai Batu Borneo untuk Pemula

Itulah Empat jenis tanaman herbal yang dapat dimanfaatkan untuk obati kaki burung yang sakit.

Salam kicau!