Ini dia manfaat daun ginseng jawa untuk kenari dan lovebird

Ginseng jawa atau kolesom jawa adalah sejenis tanaman perdu yang tumbuh semi menjalar. Daunnya yang berbentuk oval dan berwarna hijau mengkilap itu sering digunakan oleh kicaumania untuk pakan tambahan burung kesayangannya. Khasiatnya? Ini dia manfaat daun ginseng jawa untuk kenari dan lovebird.

Ginseng jawa sudah lama dikenal sebagai tanaman herbal yang mempunyai banyak khasiat. Akan tetapi, meski bernama ginseng namun jenis tanaman ini bukan merupakan varian panas atau ginseng korea. Di beberapa daerah, ginseng jawa lebih dikenal dengan nama kolesom / som jawa. Meski begitu, ginseng jawa dianggap memiliki khasiat yang tidak jauh berbeda dengan ginseng dari Cina atau Korea.

Manfaat ginseng jawa untuk kenari dan lovebird

Ginseng jawa memiliki kandungan zat aktif yang terdapat pada akar dan batang daunnya seperti saponin, flavanoid, dan tanin. Sedangkan bagian daunnya banyak mengandung vitamin A serta sejumlah mineral penting lainnya.  Bagi penggemar burung kenari dan lovebird, daun ginseng jawa dipercaya mempunyai sejumlah manfaat yang sangat baik untuk kondisi burung piaraannya.

Berikut beberapa manfaat ginseng jawa untuk kenari dan lovebird:

  • Saponin yang terkandung dalam daun ginseng jawa sangat bermanfaat untuk melancarkan sirkulasi darah, antiinflamasi, dan menguatkan paru-paru.
  • Flavonoid dan minyak asiri yang terdapat dalam daun ini sangat berkhasiat sebagai antibakteri, antioksidan, antiviral, dan antihistamin.
  • Steroid berguna untuk meningkatkan nafsu makan.
  • Vitamin A yang berguna untuk menjaga kesehatan mata.
  • Daun ginseng juga mengandung zat afrodisiak yang membantu meningkatkan birahi burung dengan cepat sehingga burung akan terpancing untuk lebih rajin berbunyi.

Selain manfaat daun ginseng jawa untuk kenari dan lovebird seperti di atas, terdapat beberapa manfaat lain yang sangat berguna untuk burung piaraan yaitu:

  • Membantu meningkatkan stamina.
  • Membantu pemulihan burung yang sedang sakit atau stres.
  • Membantu menjaga daya tahan burung.

Cara pemberian daun ginseng jawa untuk kenari dan lovebird

Daun ginseng jawa biasanya diberikan dalam bentuk utuh dengan cara digantungkan di jeruji sangkarnya. Namun sebelum diberikan, sebaiknya tanaman ini dibersihkan dahulu dengan menggunakan air bersih yang mengalir.

Demikian ulasan burung media mengenai manfaat daun ginseng jawa untuk kenari dan lovebird. Simak juga artikel-artikel menarik lainnya seputar burung kicauan di burungmedia.com.

Semoga manfaat

 

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close