Ini sebabnya burung berwarna cerah rentan mengalami katarak

mengobati burung katarak

Cataract / katarak adalah gangguan yang terjadi pada penglihatan mata. Pada burung piaraan, katarak bisa diidentifikasi dari adanya kekeruhan pada bola mata.Tahukah anda? Katarak ternyata paling sering terjadi pada burung yang memiliki bulu berwarna cerah. Apa sebabnya ya? Yuk, kita simak ulasannya berikut ini.

Dalam jurnal ilmiah yang dipublikasikan oleh Comparative Biochemistry and Physiologi mengungkapkan bahwa katarak rentan dialami oleh spesies burung yang berwarna cerah seperti merah, oranye, dan kastanye.

Hasil penelitian itu juga menyebutkan mengenai pigmen pheomelanin yang berhubungan dengan katarak yang terjadi pada sebagian besar jenis burung. Pigmen ini juga ditemukan pada manusia dan memegang peranan dalam kemunculan rambut maupun bulu-bulu yang berwarna merah.

Burung rentan terkena katarak karena disebabkan oleh radiasi dari Ultraviolet (UV) yang terdapat dalam sinar matahari. Penjemuran yang terlalu berlebihan misalnya, menjadi salah satu faktor yang bisa menyebabkan gangguan kesehatan pada mata seperti katarak.

Namun tidak semua jenis burung bisa mengalami katarak ketika mendapatkan paparan ultra violet yang berlebihan. Dalam penelitian hanya disebutkan bahwa burung dengan warna bulu cerah sangat berisiko terkena katarak jika dijemur berlebihan.

Burung anis merah rentan alami katarak
Burung anis merah rentan alami katarak

 

Adapun beberapa spesies burung diketahui mempunyai antioksidan yang bisa mencegahnya terkena dampak buruk dari paparan sinar ultra violet yang berlebihan itu. Oleh karena itu, ketika memelihara burung dengan warna cerah seperti anis merah, murai batu, dan sebagainya maka hindarilah menjemur mereka terlalu berlebihan.

Hal itu karena burung dengan bulu berwarna cerah tidak memiliki perlindungan sehingga radiasi ultraviolet akan langsung menyebabkan gangguan pada mata mereka.

Selain itu, faktor lain yang turut menjadi penyumbang katarak adalah defisiensi nutrisi (gizi) dan trauma. Bisa juga disebabkan oleh penyakit metabolik lainnya seperti diabetes, peradangan, maupun infeksi. Faktor genetik / keturunan pun bisa menjadi penyebab burung rentan terkena katarak.

BACA:  Mitos menyeramkan di balik senandung pilu burung kedasih

Semoga manfaat

Tinggalkan Komentar:

Tekan enter untuk komentar
Tulis nama kamu