Lihat Satwa Langka? Laporkan saja via quick response BKSDA

lapor satwa langka

Balai Besar KSDA Jawa Barat telah pada tanggal 30 Januari 2018 telah meluncurkan Quick Response Layanan Pengaduan Masyarakat terkait : Perdagangan Tumbuhan dan Satwa Liar Dilindungi, Perburuan Satwa Liar Dilindungi, Gangguan Kawasan Konservasi, Kebakaran Hutan dan Lahan serta Konflik Satwa Liar termasuk Pemilikan Ilegal Satwa Liar Dilindungi; dengan dibukanya Call Center di setiap Seksi Konservasi Wilayah yang tersebar seluruh di Provinsi Jawa Barat dan Banten sebagai upaya BBKSDA Jabar dalam memberikanTanggapan/Reaksi Cepat terhadap setiap pengaduan masyarakat.

lapor bksda

Hewan apa yang bisa dilaporkan?

Jika melihat ada orang yang memiliki satwa langka seperti tercantum dalam PP No.7 Tahun 1999 dan Permen LHK 208, maka Anda dianjurkan untuk melaporkan keberadaan satwa langka tersebut untuk segera diambil tindakan oleh pihak berwenang, dalam hal ini KSDA selaku pelaksana tugas.

Daftar beberapa jenis satwa dilindungi dapat disimak dalam Peraturan Menteri berikut ini:

Dikemanakan satwa yang disita?

Setelah dilakukan penyitaan terhadap satwa langka / dilindungi, hewan tersebut akan dikirimkan pada Badan Organisasi / Yayasan yang mengurusi satwa-satwa langka dan dilindungi, seperti penangkaran, kebun binatang, dsb. Nantinya satwa-satwa tersebut akan melalui perawatan dan karantina sebelum dilepasliarkan ke hutan-hutan lindung.

Adapun jika satwa yang disita itu berada dalam kondisi sudah jinak atau terbiasa memakan pakan yang diberikan manusia, maka satwa tersebut akan mendapatkan pelatihan agar bisa mencari makanannya sendiri, beradaptasi dan bisa bertahan hidup setelah dilepasliarkan.

Semoga bermanfaat

Tinggalkan Komentar:

Tekan enter untuk komentar
Tulis nama kamu