Lima cara melatih burung-madu / kolibri mau makan kroto

Sejatinya, burung-madu atau biasa disebut kolibri adalah pemakan nektar dan serangga kecil. Untuk memenuhi kebutuhan proteinnya, kolibri mania akan menambahkan pula kroto dalam perawatan harian momongannya itu. Namun kesulitan yang muncul adalah burung yang tidak mau memakan kroto yang ditawarkan, sehingga untuk itu perlu dilatih terlebih dulu agar terbiasa. Berikut adalah lima cara melatih burung-madu / kolibri mau makan kroto.

Kroto / telur semut sudah menjadi salah satu jenis pakan tambahan yang memiliki banyak manfaat serta kandungan proteinnya yang cukup tinggi. Jenis pakan tambahan atau extra fooding ini juga dapat diberikan untuk berbagai jenis burung kicauan, mulai dari pleci hingga murai batu. Adapun kandungan protein yang tinggi dari kroto dianggap mampu mendongkrak stamina dan menjadikan burung bertambah rajin berbunyi.

Di alam liar, burung-madu adalah pemakan nektar dan serangga kecil. Burung ini sangat jarang mau memakan kroto terutama karena adanya pertahanan yang luar biasa dari semut itu sendiri. Namun bagi kolibri mania, pemberian kroto untuk momongannya itu dianggap memiliki beragam manfaat, antara lain:

  • Membantu menjaga kondisinya sepanjang hari,
  • Membantu memenuhi asupan nutrisi yang dibutuhkan,
  • Memulihkan dan meningkatkan stamina burung dengan cepat,
  • Membuatnya lebih rajin berbunyi,
  • Menjadikannya lebih fokus sehingga cpat menguasai suara masterannya,
  • Membantu mempercepat pemulihan burung stres.

Melatih burung-madu / kolibri mau makan kroto

Ada lima macam cara yang dapat dilakukan kicaumania dalam melatih burung-madu / kolibri agar mau memakan krotonya, yaitu:

1. Mencampur kroto dengan air minumnya

Cara yang paling umum dilakukan kolibri mania ketika melatih momongannya mau makan kroto adalah mencampurkan satu sendok teh kroto ke dalam cepuk yang berisi air minumnya. Namun air minum yang digunakan itu bukan air minum biasa / tawar melainkan air minum yang juga menjadi pakan utamanya seperti air gula / nektar, air sirup, dsb.

BACA:  Cara merawat burung decu belang bakalan agar rajn bunyi

2. Memberikan kroto dalam cepuk terpisah

Tuangkan satu sendok teh kroto di dalam cepuk terpisah, lalu simpan pada posisi yang berdekatan dengan cepuk yang berisi pakan kesukaannya. Namun sebelumnya, pilihlah kroto yang masih berbentuk kapsul / larva karena biasanya burung-madu tidak mau memakan kroto yang sudah berbentuk semut. Untuk memancing agar burung mau memakannya maka kroto tersebut terlebih dahulu diguyur dengan air gula / nektar.

3. Memeras dan menggunakan airnya

Beberapa gram kroto diperas untuk diambil airnya dengan menggunakan saringan halus. Air hasil perasan itu kemudian dituangkan dalam cepuk terpisah. Taburkan beberapa butir kapsul kroto di atasnya sebelum diberikan pada burung.

4. Ditempel dengan burung lain yang suka makan kroto

Cara alternatf lain yang bisa dilakukan adalah disatukan dengan betina atau burung pleci yang sangat suka makan kroto. Cara tersebut akan membuat burung-madu merasa nyaman sehingga mau meniru perilaku tersebut.

Jika ketika disatukan ada salah satu burung yang terlalu agresif, maka cara yang disarankan adalah menempelkan sangkar keduanya secara berdekatan. Usahakan agar posisi cepuk yang berisi kroto dari kedua sangkar tersebut berada dalam posisi sejajar. Sehingga burung-madu tersebut bisa mengamati dan meniru perilaku burung lain yang sedang memakan krotonya.

5. Berikan kroto sewaktu pengembunan

Ketika burung akan dikeluarkan untuk diembunkan, maka sediakan dua buah cepuk di dalam sangkarnya yaitu cepuk yang berisi air minum dan satu lagi cepuk yang berisi kroto bersih dan segar. Hal ini untuk membiasakan agar burung-madu tersebut mau memakan krotonya. Setelah matahari terbit, anda bisa memasukkan cepuk lain yang berisi pakan yang biasa diberikan.

Itulah lima macam cara yang lazim dilakukan para kolibri mania ketika melatih burung-madu / kolibri rawatannya agar mau memakan kroto yang ditawarkan.

BACA:  Membuat nektar buatan untuk burung kicauan

Semoga bermanfaat

 

Komentari dengan Facebook

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: