Lima manfaat ginseng jawa untuk burung kicauan

manfaat ginseng jawa

Ginseng jawa atau dikenal juga dengan nama som jawa (Talinum paniculatum) adalah jenis tanaman perdu yang kini banyak dicari kicaumania. Ginseng jawa dipercaya mempunyai beberapa manfaat. Berikut Lima manfaat ginseng jawa untuk burung kicauan.

Ginseng jawa sebenarnya sudah lama dimanfaatkan oleh penggemar burung kicauan di Indonesia. Sebagian besar percaya bahwa burung yang diberikan daun ginseng jawa secara rutin akan menjadi lebih aktif, sehat, dan rajin berbunyi.

Menurut penelitian, bagian akar dan batang dari tanaman ginseng jawa memiliki banyak kandungan zat aktif seperti saponin, flavonoid, dan tanin.

Adapun daun yang dikonsumsi oleh burung memiliki kandungan vitamin A yang tinggi, serta sejumlah mineral penting yang dibutuhkan burung.

Ada lima manfaat ginseng jawa untuk burung kicauan, yaitu:

  1. Membantu mendongkrak stamina
  2. Meningkatkan daya tahan tubuh agar tetap fit sepanjang hari
  3. Membuat birahi burung lebih stabil karena daun ini juga bisa digunakan untuk mengatasi over birahi
  4. Memberikan tambahan energi sehingga burung bertambah aktif dan sehat
  5. Membantu pemulihan burung stres karena khasiatnya yang bersifat menenangkan

Cara memberikan daun ginseng jawa 

Daun ginseng jawa dapat diberikan langsung kepada burung jenis kenari, parkit, maupun lovebird. Setelah dibersihkan dengan air yang mengalir, daun ginseng jawa bisa diberikan secara utuh dengan cara digantungkan di dalam sangkarnya.

Adapun untuk burung kicauan jenis lainnya, pemberian daun ginseng jawa umumnya dilakukan melalui perantara serangga, misalnya diberikan sebagai pakan ulat hongkong atau jangkrik. Setelah itu, serangga yang telah mengkonsumsi daun ini kemudian diberikan kepada burung.

Semoga manfaat