Lovebird tak mau bunyi ketika dilombakan? Cek it out, Ini Ragam Solusinya

0
2
beda lovebird lutino mh dan paskun

Sebelum melombakan burung di arena lomba, pemiliknya tentu harus sudah yakin betul kalau burung mereka sudah ada dalam kondisi siap lomba. Hal ini meliputi mental yang baik, mempunyai stamina dan daya tahan yang cukup, serta rajin berbunyi. Nah, jika satu dari hal tersebut tidak terpenuhi maka burung tidak bisa tampil dengan maksimal. Bagaimana dengan lovebird yang tidak mau bunyi di lapangan?

Secara umum, masalah yang paling sering dialami oleh lovebird ketika dilombakan adalah kondisi birahinya yang tidak stabil. Kondisi tersebut bisa saja dipengaruhi oleh beberapa hal seperti makanan, perawatan yang terlalu berlebihan, serta pengaruh burung lovebird lain yang ada di dekatnya, dan lain sebagainya.

Jika permasalahan ini tidak segera ditangani, maka lovebird bisa berperilaku buruk ketika dilombakan misalnya selalu ngeruji, gesek tangkringan, suka berada di lantai sangkar, dan bersikap agresif.

Mengatasi lovebird yang over birahi biasanya dilakukan dengan melakukan sedikit perubahan dalam pola rawatan harianya. Hal ini mencakup pemberian pakan yang disederhanakan menjadi milet putih saja, memandikan dengan lebih rutin, dan mengurangi penjemurnyannya.

Kicaumania tidak bisa memastikan apakah burung sudah siap lomba atau belum, karena yang dibutuhkan untuk bertanding itu tidak hanya suaranya saja yang rajin melainkan juga faktor mental dan staminanya.

Untuk melatih agar burung tidak gampang demam panggung ketika dilombakan, maka beberapa solusi perawatan berikut ini dapat diterapkan, yaitu:

  • Sering dibawa ke arena lomba meskipun tidak untuk diikutsertakan dalam lomba.
  • Tidak dipertemukan dengan burung lain selama beberapa hari sebelum dilombakan.
  • Memberikan istirahat yang cukup, misalnya dengan cara diberikan full kerodong.
  • Rutin mengembunkan setiap pagi.

 

Tinggalkan Komentar:

Tekan enter untuk komentar
Tulis nama kamu