Manfaat garam untuk burung kicauan: Awas jangan berlebihan

Manfaat garam untuk burung kicauan

Meski garam bisa membawa efek negatif jika dikonsumsi secara berlebihan, nyatanya masih banyak kicaumania di mancanegara yang menambahkan garam dalam pakan harian burung piaraannya. Simak berbagai manfaat garam untuk burung kicauan dan bahaya jika diberikan berlebihan.

Garam yang aman diberikan pada burung adalah yang memiliki kandungan iodium atau garam iodium. Garam ini dikenal mempunyai sejumlah mineral penting yang dibutuhkan tubuh sebagian besar mahluk hidup. Namun begitu, garam tidak boleh diberikan terlalu berlebihan karena dampaknya justru akan membuat burung mudah sakit.

Manfaat garam untuk burung kicauan. Burung piaraan yang selalu mengonsumsi garam secara berlebihan akan mengalami dehidrasi sehingga menyebabkan mereka akan lebih banyak minum ketimbang makan. Kondisi ini juga bisa memicu masalah lainnya seperti suara serak, gangguan pada organ pencernaan, dan sebagainya.

Pemberian garam dilakukan dengan penuh perhitungan karena hanya takaran yang tepat lah yang sanggup menjadikan burung piaraan makin aktif dan rajin berbunyi. Selain itu, manfaat garam untuk burung kicauan adalah:

  • Sebagai sumber mineral yang dibutuhkan burung.
  • Untuk mengobati burung piaraan yang selalu lemas dan malas-malasan.
  • Untuk mengatasi masalah kebotakan pada burung.
  • Bisa digunakan untuk menetralisir racun / bahan kimia yang terdapat pada sayur maupun buah-buahan yang diberikan pada burung.
  • Serta dapat membantu menjaga daya tahan burung terhadap perubahan cuaca.

Lalu, bagaimanakah cara pemberian garam yang baik dan benar?

Secara umum, garam diberikan dengan cara dicampurkan ke dalam pakannya. Contohnya, satu sendok teh kecil garam dicampurkan dengan satu cepuk penuh pakan voer atau biji-bijiannya. Selain dicampurkan dengan pakannya, pemberian garam juga bisa dengan cara merendam buah dan sayuran dalam air garam sebelum diberikan pada burung.

BACA:  Rawatan cucak hijau mini agar rajin bunyi

Namun perlu diingat, meskipun manfaat garam untuk burung kicauan namun pemberian garam tersebut tidak dianjurkan diberikan setiap hari tetapi bisa dilakukan setiap beberapa hari sekali.

Alternatif lain adalah mencampurkan sedikit garam dalam cepuk pakan yang berisi parutan tulang sotong.

Demikian tips dan manfaat garam untuk burung kicauan.

Semoga bermanfaat