Menyiapkan kenari rumahan untuk lomba

Banyak kenari yang cenderung rajin bunyi hanya ketika berada di rumah atau di satu tempat saja, tetapi ketika bertemu lawan dalam sebuah ajang lomba, kenari tersebut malah enggan mengeluarkan suara kicauannya.

Kenari yang demikian dikenal dengan julukan “kenari rumahan” atau “jago kandang”. Untuk itu dibutuhkan pelatihan dan perawatan yang rutin untuk membuatnya mau bunyi kapan dan di mana saja, termasuk di arena lomba. Berikut tips menyiapkan kenari rumahan untuk lomba.

Beberapa perawatan dan pelatihan kenari rumahan berikut ini bisa menjadikan burung lebih bermental ketika dilombakan:

Memberikan pakan yang tepatĀ 

Kenari membutuhkan asupan pakan yang kaya nutrisi untuk menunjang aktivitas hariannya. Pemberian pakan tersebut makin gencar dilakukan menjelang burung akan dilombakan. Beberapa pakan yang dapat diberikan antara lain:

  • Pakan biji-bijian yang terdiri dari canary seed, jawawut, gandum, nigerseed, dsb.
  • Pakan tambahan yang terdiri dari buah dan sayuran,
  • Kebutuhan grit dan mineral yaitu tulang sotong.

Lakukan pemasteran

Burung yang mempunyai suara yang bervariasi tentu akan merasa lebih percaya diri ketika bertemu lawan mainnya. Untuk itu, melakukan pemasteran secara rutin bisa membuat burung memiliki lagu-lagu baru yang bisa membantu meningkatkan penampilannya.

Membiasakan di tempat ramai

Jika ada even latberan atau lomba burung dekat dengan rumah anda, cobalah untuk membawa burung kenarinya ke tempat tersebut, walaupun bukan untuk ikut berlomba namun sekedar melatih dan membiasakan mentalnya dengan suasana keramaian.

Berpindah-pindah tempat

Sangkar kenari yang selama ini hanya digantung di satu tempat saja cenderung akan membuat burung menjadi ‘jago kandang’, yaitu gacor hanya ketika sendirian saja. Karena itu untuk melatih mentalnya bisa dilakukan dengan cara sering merubah posisi dan letak gantungannya.

BACA:  Cara merawat burung perkutut bangkok agar rajin bunyi

Mengganti sangkar

Selain menggantung burung dengan posisi dan letak yang berbeda-beda, ada cara lain yang bisa dilakukan setiap beberapa hari sekali yaitu memindahkan burung ke dalam sangkar yang lain. Dengan penggantian sangkar ini diharapkan kenari tersebut akan memikiki sifat mau berbunyi kapan dan di mana saja.

Memberikan multivtamin

Perlu juga menjadi perhatian, meskipun burung kenari tersebut rajin bunyi dan bermental bagus, namun jika tidak didukung oleh kondisi tubuhnya maka mereka cenderung tidak mau menunjukkan sikap melawan. Karena itu, pemberian vitamin sangat diperlukan untuk menjaga kondisi dan mentalnya itu.

Tinggalkan Komentar:

Tekan enter untuk komentar
Tulis nama kamu