Parasit mengerikan ini ada dalam tubuh belalang, awas termakan burung!

parasit dalam tubuh belalang

Belalang adalah salah satu jenis pakan tambahan tinggi protein yang baik diberikan untuk burung ocehan. Kandungan proteinnya yang lebih tinggi dari jangkrik menjadikannya sebagai pakan favorit untuk murai batu, cendet, dan branjangan.

Tapi sebelum memberikan belalang pada burung, ada baiknya melakukan pemeriksaan terlebih dahulu karena ada beberapa jenisnya yang terinfeksi cacing parasit sehingga bisa membahayakan kesehatan burung yang mengonsumsinya.

Belalang rentan terinfeksi parasit salah satunya jenis cacing parasit yang disebut Nematomorpha atau dikenal juga dengan nama lain cacing bulu kuda / cacing gordian karena parasit ini memiliki massa dan terlihat seperti sebuah simpul / tali. Meski begitu, cacing parasit ini tidak hanya akan menginfeksi belalang saja tetapi bisa juga menyerang jangkrik, kumbang, belalang sembah, bahkan kecoak.

Cacing parasit yang menyerang belalang dan jangkrik
Cacing parasit yang menyerang belalang dan jangkrik

 

Seorang peneliti dari Prancis pada tahun 2005 pernah menemukan bahwa cacing parasit ini ternyata mampu memanipulasi / mengambil alih inangnya. Larva dari cacing rambut ini masuk ke dalam tubuh belalang melalui air yang mereka minum. Ketika berada dalam tubuhnya, larva cacing akan tumbuh lalu menguasai tubuhnya, kecuali kepala dan kakinya. Pada saat itu, kondisi belalang sudah benar-benar menjadi zombie atau bangkai hidup.

Cacing parasit dewasa akan mengeluarkan protein yang langsung bereaksi pada saraf belakang dari serangga yang dirasukinya. Hal ini akan menyebabkan serangga tersebut terpengaruh atau terhipnotis untuk mencari genangan air / kolam kemudian menceburkan tubuhnya. Pada saat berada dalam air itu, cacing parasit akan keluar dari tubuhnya.

Setelah keluar dari tubuh belalang, ukuran cacing parasit tersebut bisa lebih panjang dari tubuh belalang itu sendiri. Panjang cacing ini bahkan mencapai 50 – 100 cm. Setelah cacing parasit keluar dari tubuhnya, belalang akan mati tenggelam.

BACA:  Tips mengatasi pleci yang macet bunyi

Seram ya om, oleh karena itu biasakan untuk memeriksa belalang terlebih dahulu sebelum diberikan pada burung. Caranya adalah dengan mencelupkan tubuh belalang tersebut pada wadah yang berisi air lalu diamkan selama beberapa saat. Kalau tidak terjadi apa-apa, maka belalang tersebut tidak terinfeksi dan aman diberikan pada burung.

Berikut video detik-detik cacing parasit keluar dari tubuh belalang setelah dicelupkan dalam air

 

 

1 KOMENTAR

Tinggalkan Komentar:

Tekan enter untuk komentar
Tulis nama kamu