Perawatan burung rambatan untuk masteran

Burung rambatan

Perawatan burung rambatan untuk masteran – Rambatan memiliki nama asli munguk beledu atau velvet-fronted nuthatch (Sitta frontalis). Suaranya yang nyerecet sangat disukai terutama untuk masteran. Simak perawatan burung rambatan untuk masteran berikut ini.

Spesies burung yang gemar merambat ini banyak tersebar mulai dari India, Cina bagian selatan, Asia Tenggara, termasuk juga di Sumatera, Jawa, dan Kalimantan. Umum ditemukan berpasagan atau bergabung dalam kelompok kecil yang terdiri dari beberapa jenis burung.

Baik burung jantan maupun betina, sama-sama memiliki suara kicauan yang mencicit tajam, yang disertai juga dengan cerecetan khas burung kolibri. Karena suara kicauannya itu, rambatan banyak dipelihara sebagai burung masteran.

Perawatan burung rambatan agar rajin bunyi untuk masteran, maka yang perlu diperhatikan adalah menjaga pola perawatan hariannya agar tetap teratur. Khususnya pemberian pakan yang terdri dari aneka serangga kecil seperti jangkrik, ulat hongkong, dan kroto.

Adapun pola pemberian pakan serangga tersebut dapat dilakukan sebagai berikut:

  • Jangkrik berukuran kecil diberikan setiap pagi dan sore hari sebanyak 2-3 ekor.
  • Ulat hongkong diberikan yang berwarna putih setiap pagi dan sore hari sebanyak 1-2 ekor.
  • Kroto bersih dan segar diberikan sebanyak satu sendok teh kecil setiap beberapa hari sekali.
  • Selain pakan serangga, burung rambatan juga harus mendapatkan asupan pakan dari voer halus.

Perawatan mandi dilakukan setiap seminggu sekali, sedangkan penjemurannya dilakukan seperlunya saja, dan hanya dijemur pada pagi hari setelah matahari terbit. Burung rambatan dikenal tidak tahan panas, dan mudah stres jika terpapar sinar matahari dalam waktu yang cukup lama.

Setelah dijemur, segera gantang sangkarnya di tempat yang teduh, sejuk, dan sedikit berangin.

BACA:  Membuat pakan untuk cucak jenggot

Untuk memancing burung rambatan rajin bunyi, Anda bisa memelihara dua atau lebih burung ini di rumah. Alternatifnya adalah memutarkan suara kicauan burung rambatan untuk memancingnya berbunyi.

Semoga bermanfaat