Cara merawat burung cililin agar gacor.

Kegemaran kicaumania memelihara burung cililin sebagai masteran tak lepas dari suaranya yang melengking tajam dan rapat. Selain itu, burung yang mempunyai jambul sangat khas ini pun mudah terpancing oleh suara burung lain maupun suara tepukan tangan. Tips berikut akan mengulas bagaimana cara merawat burung cililin agar gacor.

Bagi sebagian kicaumania, memelihara burung ciliiln membutuhkan perawatan yang penuh perhatian, terutama karena jenis burung ini dianggap sangat rentan stres dan selalu merasa lapar. Oleh karena itu, ketersediaan pakan dan minumnya setiap hari harus selalu dijaga agar burung tidak mudah ngedrop atau bahkan mati.

Berikut cara merawat burung cililin agar gacor. untuk masteran.

  • Setiap hari burung cililiin dikeluarkan pada pagi hari untuk mendapatkan udara yang lebih segar dan juga embun pagi.
  • Setelah itu burung dimandikan sesuai kebiasaannya melalui penyemprotan maupun menggunakan karamba mandinya.
  • Seminggu dua kali burung dimandikan dengan shampo anti kutu untuk mencegahnya terinfeksi kutu.
  • Untuk memenuhi kebutuhan hariannya, berikan pakan voer yang mempunyai kandungan nutrisi lengkap dan tinggi protein.
  • Berikan pakan tambahannya secara rutin dengan jumlah yang disesuaikan kebiasaan. Pakan tambahan yang baik untuk burung cililin adalah jangkrik dan kroto.
  • Jemur burung seperlunya saja, karena cililin dikenal tidak suka panas. Penjemuran yang terlalu berlebihan cenderung membuat burung dehidrasi dan bisa berakibat fatal.
  • Hindari juga dari terpaan angin yang cukup kencang, misalnya digantung di depan ventilasi udara, blower, kipas angin, air conditioner dan sebagainya.

Demikian cara merawat burung cililin agar gacor.

 
Salam kicau!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close