Pisonia, pohon yang dapat membunuh burung

burung pleci kena jebakan getah

Pisonia adalah nama sebuah pohon berbunga kecil yang tumbuh di kawasan tropis mulai dari Hawaii hingga Selandia Baru dan India. Walaupun memiliki nama yang indah, namun pohon ini justru membawa kematian bagi burung yang hinggap di atasnya.  

Walaupun tidak memiliki wujud mengancam, tidak berduri, dan tanpa buah yang beracun namun pohon yang bernama lengkap Pisonia brunoniana ini terkenal dengan reputasinya yang mengerikan. Jika diteliti dengan seksama mulai dari akar, batang, hingga rantingnya akan ditemukan ribuan ttulang belulang dan tubuh-tubuh kecil yang tampak kaku dan mengering.

Pohon pisonia yang menjebak burung
Pohon yang bernama lengkap Pisonia brunoniana ini terkenal dengan reputasinya yang cukup mengerikan. Kematian akan datang bagi burung-burung yang menghampirinya.

 

Fenomena aneh dari pohon itu pun menarik perhatian banyak ilmuwan untuk melakukan penelitian, salah satunya adalah Alan Burger dari University of Victoria di Kanada yang telah mendengar reputasi buruk dari pohon ini sejak 1990-an. Ia pun pergi ke Pulau Cousin di Seychelles untuk mengamati dari dekat keberadaan pohon pembawa kematian bagi ribuan burung itu.

Dilansir dari Science Alert, Pisonia menghasilkan kacang berukuran panjang, di mana pada polongnya terdapat lapisan getah tipis yang sangat lengkat. Nah, getah inilah yang menjebak serangga dan burung yang tertarik untuk memakan kacang di dalamnya.

getah lengket pisonia
Getah lengket Pisonia yang menjebak banyak serangga dan burung

 

Selain itu, serangga yang terjebak juga akan menarik perhatian burung untuk langsung memangsanya. Alhasil, karena tidak hati-hati, mereka justru menjadi korban jeratan getah yang lengket itu.

Banyak bangkai burung terlihat berserakan di kaki pohon, beberapa burung bahkan terjebak di cabang-cabang pohon tanpa bisa melakukan apa-apa kecuali menunggu kematian.

Dalam penelitiannya itu, Alan menghabiskan waktu selama 10 bulan pada 1999 – 2000 untuk meneliti sejauh mana manfaat yang didapatkan oleh pohon tersebut dari membunuh ribuan burung. Ia pun memulati dengan sejumlah teori terkait pertumbuhan dan penyebaran dari bibit polong itu.

BACA:  Cabai jawa yang tak sepedas namanya

Namun demikian, ia tidak melihat kaitan antara kematian ribuan burung dengan pertumbuhan pohon pisonia ini, dengan kata lain, matinya burung karena terjebak oleh getah itu hanyalah “kerusakan yang tidak disengaja”.

Namun satu hal yang masih menjadi misteri hingga kini adalah burung laut yang justru suka dengan pohon pisonia ini. Di beberapa tempat seperti di Pulau Utara dari Selandia Baru, tanaman ini hampir punh karena banyak ditebang demi melindungi kelestarian burung-burung liar.

Adapun di Pulau Cousine, Seychelles para petugas konservasi di sana akan disibukkan dengan melepaskan burung-burung dari jeratan getah untuk menyelamatkannya.

 

Tinggalkan Komentar:

Tekan enter untuk komentar
Tulis nama kamu