Pohon kersen, si rindang pengundang burung liar

pohon kersen

Kurang lengkap rasanya ketika memelihara burung kicauan tanpa keberadaan pohon rindang di halaman rumah. Selain bisa berfungsi sebagai peneduh dan tempat menggantang sangkar burung, adanya pohon rindang juga akan mengundang kedatangan burung-burung liar yang akan meramaikan suasana rumah. 

Salah satu tanaman yang dapat dijadikan peneduh sekaligus untuk mengundang kedatangan burung-burung liar adalah kersen atau talok (Muntingia calabura). Di beberapa daerah, tanaman ini dikenal juga dengan nama pohon ceri.

Tanaman ini dapat tumbuh hingga lebih dari 5 meter, daunnya sangat rindang dan buahnya pun cukup manis. Tak heran kalau pohon ini dapat mengundang kedatangan burung liar, terutama saat sedang berbunga.

Beberapa jenis burung liar yang diketahui sering mengunjungi pohon kersen untuk sekedar mencicipi buahnya adalah pleci, kemade / cabe-cabean, burung-madu, trucukan, kutilang, perkutut, tekukur, cucak hijau, dan sebagainya.

Buah yang dihasilkan rasanya sangat manis sehingga banyak disukai oleh burung liar karena dapat memberikan tambahan energi dan stamina mereka untuk beraktivitas. Buah ini dikenal pula dengan kandungan gizinya yang lebih tinggi daripada jenis buah-buahan yang umum lainnya.

Buah kersen / ceri dapat juga diberikan pada burung peliharaan. Cara pemberiannya dilakukan dengan memotong buah kersen yang sudah amtang lalu meletakkannya di cepuk pakan atau digantungkan di sela jeruji sangkar.

buah kersen

 

Adapun kandungan nutrisi yang terdapat dalam setiap 100 gram buah kersen ini adalah; air (77,8 gram),protein (0,384 gram), Lemak (1,56 Gram), karbohidrat (17,9 gram), serat (4,6 gram), abu (1,14 gram), kalsium (124,6 mg), fosfor (84mg), Besi (1,18 mg), karoten (0,019g), tianin (0,065g), ribofalin (0,037g), niacin (0,554 g) dan kandungan vitamin C (80,5 mg) dengan nilai energi yang dihasilkan adalah 380KJ/100 gram.

BACA:  Ciri-ciri pleci akan mabung

Bukan hanya buahnya saja yang bermanfaat untuk mendongkrak stamina burung piaraan, tapi daunnya pun sangat bermanfaat sebagai pencegah bakteri maupun parasit yang bisa menyerang burung.  Daunnya dikumpulkan lalu direbus hingga matang, setelah dingin air rebusan daun kersen digunakan untuk memandikan burung atau hewan piaraan lainnya.

Pohon kersen mempunyai batang yang rimbun dan daun rindang sehingga bisa memberi keteduhan di tengah cuaca yang terik / panas.

Tanaman ini juga dikenal sangat mudah dan cepat tumbuh. Dalam beberapa bulan saja, ketinggiannya bisa mencapai lebih dari tiga meter.

Untuk menanam pohon kersen, anda bisa mencari bibit tanaman ini yang banyak tersebar di pinggir-pinggir jalan, kebun, dan lapangan.

Semoga bermanfaat