Rawatan cucak hijau mini agar rajin bunyi

Cucak ijo mini memiliki nama resmi cica daun kecil.Jenis burung ini masih satu keluarga dengan burung cucak hijau. Walau ukuran tubuhnya lebih kecil, tapi suaranya tak kalah dengan cucak hijau biasa bertubuh besar. Berikut Tips rawatan cucak hijau mini agar rajin bunyi.

Merawat cucak hijau mini agar rajin bunyi tidak terlalu jauh berbeda dengan rawatan kerabatnya, burung cucak hijau yang bertubuh besar. Jenis burung ini merupakan pemakan buah dan serangga sehingga dalam perawatan hariannya tidak terlepas dari kedua jenis pakan tersebut.

Untuk menjadikan cucak hijau mini rajin bunyi, maka perawatan hariannya harus dilakukan secara teratur. Pemberian pakan teratur disertai pola rawatan yang umum lainnya dapat menjadikan burung selalu aktif, lincah, dan terpancing untuk lebih rajin bunyi.

Tips berikut akan mengulas bagaimana rawatan cucak hijau mini agar rajin bunyi:

  • Setiap pagi sebelum matahari terbit, dengan rutin burung dikeluarkan untuk tujuan diembunkan.Pengembunan bisa menjadikan burung memiliki stamina yang lebih dan juga terpancing untuk berkicau.
  • Setelah matahari terbit, mandikan burung dengan cara disemprot atau memasukkan bak mandi kecil ke dalam sangkar hariannya. Selesai mandi, lalu diangin-anginkan untuk mengeringkan bulu-bulunya yang basah selama beberapa menit.
  • Saat diangin-anginkan itu, berikan pakan tambahan yang terdiri dari buah pisang dan beberapa serangga seperti jangkrik, kroto, dan ulat hongkong.
  • Setelah kenyang, jemur burung di bawah sinar matahari selama 30 menit, setelah itu gantung sangkarnya di tempat yang teduh.
  • Untuk menambah variasi kicauan, anda bisa melakukan pemasteran dengan cara ditempel burung masteran maupun memutarkan suara masteran dari perangkat pemutar suara/mp3.
  • Sampai sore hari, burung dibiarkan di tempat tersebut sambil tetap diberikan pakan tambahannya secara berkala.
  • Menjelang malam, sangkar dikerodong lalu burung dibiarkan beristirahat sampai esok harinya.
BACA:  Merawat kacer giras agar cepat jinak dan rajin bunyi

Demikian tips rawatan cucak hijau mini agar rajin bunyi.

Semoga bermanfaat