Sikatan lompobattang, si mungil yang terancam punah

sikatan lompobattang

Penampilan burung sikatan lompobattang biasa-biasa saja. Ukurannya yang mungil (10cm), warna bulunya puntidak semeriah burung sikatan lainnya. Akan tetapi, sikatan yang bernama latin Fidecula bonthaina ini kini berada dalam ancaman kepunahan.

sikatan lompobattang

 

Badan Konservasi Dunia atau IUCN telah menetapkan sikatan lompobattang dengan status Endangered / EN (Genting) atau Kritis. Itu artinya spesies burung ini bisa saja punah sewaktu-waktu di alam jika tidak dilakukan upaya konservasi baik melalui pencegahan atau penangkaran untuk menjaga kelestariannya.

Ancaman kepunahan burung sikatan ini sebagian besar disebabkan oleh rusaknya habitat hutan akibat alih fungsi hutan menjadi kawasan pemukiman atau industri. Selain itu, sempitnya daerah penyebarannya juga menjadikannya sangat rentan terhadap ancaman-ancaman tersebut.

Burung sikatan lompobataan adalah burung endemik Sulawesi atau hanya mempunyai wilayah perseabran di Pegunungan Lompobattang, Kabupaten Bantaeng, Sulawesi Selatan.

Dari 1769 jenis burung yang ada di Indonesia, sikatan lompobattang merupakan satu dari 40 spesies burung yang berada dalam kondisi sangat terancam punah.

Penurunan populasi yang terus belanjut diakibatkan oleh hilangnya habitat dan degradasi hutan. Padahal kawasan Pattaneteang sudah ditetapkan sebagai Area Penting bagi keanekaragaman hayati Karaeng-Lompobattang yang berada di Wallacea.

Selain sikatan lompobattang yang terancam punah, ditemukan pula beberapa jenis satwa endemis lain di daerah ini yaitu walik lompobattang (Ramphiculus meridionalis) dan jenis kritis seperti tikus lompobattang (Bunomys coelestis).