Solusi atasi kenari yang botak

merawat kenari botak

Kenari adalah juga jenis burung yang rentan alami kebotakan pada tubuhnya terutama di bagian kepala dan lehernya. Secara umum, masalah itu disebabkan oleh infeksi kutu, tapi dalam banyak kasus penyebab kenari botak juga bisa disebabkan oleh defisiensi yodium. Untuk itu, berikut adalah solusi atasi kenari botak.

Merawat kenari botak tentu dibutuhkan perawatan yang teratur terutama untuk memenuhi kelengkapan gizinya sehari-hari. Selain menambahkan sedikit iodium dalam pakannya, tiga solusi atasi kenari yang botak berikut ini bisa menjadi perawatan alternatif untuk mengatasi kenari botak.

1. Memberikan minyak kemiri

Kemiri yang telah dipanaskan kemudian diambil minyaknya megandung banyak vitamin A,B1,dan C, selain itu juga mengandung unsur mineral penting seperti protein, zat besi, karbohidrat, kalsium, fosfor, dan lemak. Bagi manusia, minyak kemiri umum digunakan sebagai penyubur rambut dan mengatasi masalah kebotakan.

Merawat kenari botak bisa juga ditangani dengan pemberian minyak kemiri, caranya adalah beberapa biji kemiri disangrai lalu ditumbuk sampai keluar minyaknya. Minyak kemiri itulah yang nantinya dioleskan pada bagian tubuh burung yang botak.

2. Memberikan gel lidah buaya

Lidah buaya atau Aloevera memiliki kandungan zat aktif yang sangat bermanfaat sepeti asam amino, enzim, mineral, gula, sterol, antrakuinon, asal salisilat, dan vitamin. Zat aktif tersebut dapat membunuh semua jenis bakteri, dan membantu pertumbuhan bulu kenari. Oleskan bagian gel dari lidah buaya pada bagian tubuh kenari yang botak setiap hari.

3. Memberikan bawang putih

Bawah putih diketahui mengandung zat aktif yang dapat membunuh bakteri. Tapi manfaat bawang putih juga ternyata bisa digunakan untuk mengatasi kenari yang botak, caranya adalah mengoleskan irisan bawang putih pada area kulit yang botak tersebut.

BACA:  Burung susah buang kotoran? Cek solusinya di sini

 

Semoga manfaat

1 KOMENTAR

Tinggalkan Komentar:

Tekan enter untuk komentar
Tulis nama kamu