Sun Conure, parrot atraktif yang pandai meniru suara

Jika anda berniat memelihara parrot atau burung paruh bengkok yang atraktif dan pandai meniru suara maka sun conure bisa menjadi pilihan yang tepat. Spesies parrot ini juga mempunyai warna bulu-bulu yang cantik dan termasuk gampang dalam perawatannya.

Sun conure (Aratinga solstitialis) adalah jenis parrot yang berasal dari Benua Amerika terutama Amerika bagian tengah, selatan, meksiko dan Karibia. Spesies ini umum hidup berkelompok di daerah pegunungan, hutan, dan lahan pertanian. Penyebutan sun conure diberikan lantaran penampilan mereka ketika terbang yang terlihat seperti sinar matahari karena warna bulu-bulunya yang menyilaukan.

Sudah beberapa dekade, burung sun conure banyak ditangkapi untuk diperjualbelikan sebagai hewan piaraan. Populasi mereka sempat menurun sangat drastis pada abad ke-19, namun di akhir 1980an poulasinya kembali pulih setelah banyak peternak yang mulai menangkarkannya sampai sekarang.

Sun conure termasuk jenis parrot yang bertubuh sedang (30cm). Jenis burung ini merupakan satu anggota dari genus aratinga yang terdiri dari 7 spesies, yaitu:

  1. Golden-capped parakeet (Aratinga auricapilla)
  2. Jandaya parakeet atau jenday conure (Aratinga jandaya)
  3. Sulphur-breasted parakeet (Aratinga maculata)
  4. Nanday parakeet (Aratinga nenday)
  5. Sun conure atau sun parakeet (Aratinga solstitialis)
  6. Aratinga vorohuensis – sudah punah –
  7. Dusky-headed conure atau dusky-headed parakeet (Aratinga weddellii)

Sebagaimana kebanyakan jenis burung paruh bengkok pada umumnya, sun conure termasuk jenis monomorfik yang berarti tidak bisa dibedakan jantan dan betina dari penampilannya. Meski begitu, beberapa tengara berikut ini dapat anda jadikan patokan dalam pemilihan sun conure jantan dan betina terutama untuk tujuan breeding.

  • Sun conure betina akan bertelur walau tidak dibuahi pejantan
  • Sun conure jantan cenderung teritorial terhadap sangkarnya
  • Sun conure jantan punya suara lengkingan yang lebih kencang

Sun conure cukup terkenal di kalangan pecinta burung paruh bengkok di indonesia. Banyak yang memelihara burung yang memiliki warna bulu cerah ini untuk dilatih dengan berbagai ketangkasan. Selain itu, tak sedikit juga yang melatihnya dengan berbagai suara masteran.

Sifat sun conure yang mudah jinak menjadikan burung ini gampang sekali berbunyi ketika melihat ada orang mendekatinya. Perilaku ini mirip seperti jalak suren yang oleh kicaumania disebut sebagai “burung penjaga rumah” karena akan berbunyi jika melihat ada orang di dekatnya. Apalagi sun conure termasuk burung berisik dengan suaranya yang bisa memekakkan telinga.

Video sun conure yang berlatih free flight

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close