Kawasan Taman Nasional Lore Lindu (TNLL) berada di Sulawesi Tengah. Taman Nasional ini diketahui menjadi rumah bagi 265 jenis burung. Di kawasan ini pula setiap tahunnya selalu ada ditemukan jenis burung baru yang hidup dan berkembang biak di dalamnya.

Beberapa jenis burung yang umum dijumpai di Kawasan Taman Nasional Lore Lindu ini antara lain: elang, nuri, maleo atau male senkawor (Macrocephalon maleo), gagak (Corvus unicolor), kakatua kecil jambul kuning (Cacatua sulphurea), kacamata (Zosterops nehrkorni), burung-madu (Aethopyga duyevenbodei), rangkong, alo, jalak tunggir-merah (Sciccirostrum dubium), dan kipasan sulawesi (Rhipidura teysmann).

Kawasan Taman Nasional ini pun telah menarik minat banyak wisatawan mancanegara untuk berkunjung. Kebanyakan dari mereka datang karena ingin melihat keberagaman spesies burung yang ada di Taman Nasional tersebut.

Ada dua wilayah yang rutin menjadi tujuan para wisatawan, yaitu Danau Tambing yang berlokasi di Dataran Napu, Lore Utara, Kabupaten Poso, dan Danau Lindu yang terletak di Kecamatan Lindu, Kabupaten Sigi. Selain pemandangannya yang indah di sekitar danau tersebut juga banyak ditemukan beragam jenis burung yang bisa menarik perhatian wisatawan khususnya Bird Watcher (pengamat burung).

Namun sayangnya, masih banyak orang-orang yang tak bertanggung jawab yang justru datang untuk merusak alam. Mereka akan berburu maupun menangkapi burung-burung yang ada di dalam hutan untuk diperdagangkan. Kondisi tersebut tentu sangat mengkhawatirkan, karena jika tidak segera ditangani maka populasi burung di Kawasan Taman Nasional ini lama kelamaan akan terus berkurang.

Padahal salah satu tujuan wisata para turis mancanegara yang berkunjung ke kawasan ini adalah untuk melihat berbagai jenis burung liar.

BACA:  Bondol Jawa: Pengintai padi, musuh petani

Semoga manfaat