Berikan gabah agar suara lovebird makin kasar

Gabah adalah jenis biji-bijian dari hasil tanaman padi. Bahan makanan ini dikenal dengan kandungan nutrisinya yang bermanfaat. Sejak dahulu, kicaumania kerap memanfaatkan gabah sebagai pakan bagi burung piaraannya. Mereka percaya bahwa gabah bisa menjadikan suara burung khususnya lovebird jadi makin kasar. 

Sejumlah unsur penting yang terkandung dalam gabah antara lain: kalsium, magnesium, zat besi, fosfor dan natrium. Selain itu juga mengandung banyak vitamin A,B1,B2,B6,C dan E. Penggunaan gabah untuk dijadikan pakan burung ternyata tidak hanya dilakukan oleh para perkutut mania saja, penggemar lovebird pun sudah mulai menggunakan gabah untuk peliharaannya.

rice photo

Selain dipercaya dapat memberi tambahan stamina, gabah jika rutin dikonsumsi oleh burung lovebird dapat membuat suara ngekek mereka bertambah kasar dan kristal. Karena alasan itu pula, banyak lovebird mania yang menggunakan gabah sebagai menu tambahan baru dalam pakan harian burung kesayangannya itu.

Gabah yang digunakan adalah gabah dari jenis gabah bangkok atau gabah lampung. Gabah ini diberikan dengan cara dicampurkan bersama pakan hariannya yaitu biji milet. Jumlahnya pun teratur yaitu sekitar 10 – 20 biji gabah yang ditaburkan di ataas pakannya. Sebelum diberikan, gabah terlebih dahulu direndam dalam air bersih lalu dipilih gabah yang tenggelam / tidak mengambang karena dianggap berkualitas baik. Setelah dikeringkan, gabah kemudian diberikan pada burung.

Salam kicau

Tinggalkan Komentar:

Tekan enter untuk komentar
Tulis nama kamu