Tips bedakan kacer trotolan jantan dan betina

0
8
beda jantan betina kacer trotolan
Beda kacer trotolan jantan dan betina

Burung kacer yang banyak dipiara umumnya berjenis kelamin jantan karena mempunyai suara kicauan yang lebih bervariasi. Bagi banyak kicaumania, lebih mudah membedakan kacer dewasa jantan dan betina daripada kacer yang masih trotolan. Namun demikian, tips singkat berikut ini semoga dapat membantu Anda dalam mengidentifikasi jenis kelamin kacer trotolan. 

BENTUK KEPALA

Kacer trotolan jantan mempunyai bentuk kepala yang lebih persegi atau bagian kepala yang sedikit lebih rata/ceper dibandingkan burung betina

BENTUK & WARNA PARUH

Kacer trotolan jantan rata-rata memiliki paruh pendek yang berwarna hitam di bagian atas dan paruh bagian bawahnya, terutama pada bagian yang berbentuk huruf “ Λ “

WARNA PUNGGUNG

Kacer trotolan jantan memiliki warna bulu di bagian punggung dan sayap yang hitam, sedikit legam. Sedangkan trotolan betina memiliki bulu berwarna hitam terang atau hitam bercampur abu-abu atau cokelat.

BENTUK DAN POSTUR TUBUH

Bentuk tubuh kacer trotolan jantan lebih langsing, dada lebih bidang, dan jika berdir posturnya terlihat lebih tegap. Adapun kacer trotolan betina umumnya memiliki tubuh bulat.

Demikan tips bedakan kacer trotolan jantan dengan betina.

Semoga manfaat

Tinggalkan Komentar:

Tekan enter untuk komentar
Tulis nama kamu