Tips bedakan wambi jantan dan betina

Wambi adalah jenis burung yang pernah begitu populer di tahun 90-an. Wambi jantan terkenal dengan suaranya yang lantang dan bervariasi, karena itu pula burung jantan adalah yang paling banyak dicari oleh kicaumania. Sebagai panduan, berikut tips bedakan wambi jantan dengan betina.

Wambi atau dikenal juga dengan nama huamei, adalah jenis burung petarung yang bisa bersifat sangat agresif terhadap pejantan lain dari jenisnya. Karena sifatnya tersebut, di negara asalnya kerap diadukan dalam bentuk fisik. Sedangkan betina, cenderung memiliki suara panggilan yang lemah dan monoton.

Oleh karena itu, pada waktu akan membeli burung wambi di pasaran, pastikan dahulu jenis kelaminnya. Terlebih lagi hanya burung jantan yang bisa berkicau dengan sangat variasi. Kalau memungkinkan, mintakan garansi bahwa wambi tersebut bisa ditukar kembali jika diketahui berjenis kelamin betina (kecuali anda membelinya untuk indukan atau pemancing bunyi).

Sebagai referensi dan panduan kicaumania yang akan membeli burung wambi di pasaran, berikut adalah tips bedakan wambi jantan dengan betina.

1. Mengamati ukuran tubuh

Wambi betina biasanya mempunyai ukuran tubuh yang cenderung lebih besar dan gemuk dibandingkan burung jantan yang bertubuh langsing dan panjang.

2. Mengamati lubang hidung

Lubang hidung (nares) hwamei jantan sedikit lebih maju, sedangkan burung betina sedikit lebih ke belakang.
Lubang hidung burung jantan berbentuk lonjong, adapun lubang hidung betina cenderung bulat.

3. Mengamati kakinya

Wambi jantan memiliki telapak kaki dan jari-jari yang tebal dan berdaging besar. Hal ini kemungkinan sesuai dengan karakter burung jantan yang bersifat fighter dan sering bertarung menggunakan cakarnya yang kuat.

4. Mengamati bentuk kepala

Wambi jantan memiliki lehar lurus, panjang, dan kekar, dengan garis-garis bulu lebih tajam dam akan terlihat ketika burung meliukkan lehernya. Adapun burung betina memiliki leher pendek, dengan garis-garis bulu yang lebih halus ketika leher meluik.

5. Mengamati bulu ekor

Secara umum, wambi  jantan biasanya memiliki bulu ekor lebih panjang daripada betina. Selain itu, saat burung dipegang (mengunci leher dengan jari tangan kita), maka bulu ekor burung jantan akan terdorong ke depan. Hal ini tidak terjadi pada burung betina.

6. Mengamati mata burung

Wambi jantan biasanya memiliki mata / kulit mata lebih kebiruan daripada betina. Ketika burung dipegang, mata burung jantan tampak melebar. Adapun mata burung betina cenderung tertutup.

Meski begitu, tips bedakan wambi jantan dengan betina di atas hanyalah sekedar prediksi saja yang belum tentu akurat ketika diterapkan di lapangan. Oleh karena itu, cara yang cukup jitu dalam membedakan wambi jantan dan betina dalah mendengarkan suaraanya. Wambi jantan punya suara yang kencang dan bervariasi, sedangkan betina cenderung bersuara panggilan monoton yang lemah saja.

Dengarkan suara wambi betina dalam video ini:

 

Selain dari cara-cara di atas, meraba capit udang juga menjadi solusi terbaik dalam menentukan jenis kelamin burung wambi.

Semoga manfaat

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close