Tips membersihkan sangkar burung yang bau.

Sangkar burung yang sudah kotor oleh kotoran maupun sisa-sisa pakan tentu akan menimbulkan masalah besar jika kamu terlalu malas untuk membersihkannya. Selain menyebabkan burung gampang terserang penyakit yang diakibatkan oleh bakteri, jamur, dan parasit aroma sangkar pun jadi berbau kurang sedap. berikut tips membersihkan sangkar burung yang bau.

Kotoran dalam sangkar yang dibiarkan menumpuk akan menjadi sarang bagi berbagai parasit yang dapat menyerang burung. Selain itu, aroma sangkar pun jadi berbau tidak enak belum lagi kalau kotoran sudah menempel lekat di sela-sela jeruji. Kamuyang terlalu malas membersihkannya tentu akan lebih memilih mengganti sangkanya dengan yang baru.

Namun ada solusi yang bagus dilakukan jika kamu tidak mau mengganti sangkarnya dengan yang baru, yaitu memanfaatkan beberapa bahan berikut ini untuk membersihkannya. Selain sangkar jadi bersih, aroma yang tak sedap dalam sangkar pun akan hilang berganti dengan yang lebih segar.

Berikut tips membersihkan sangkar burung yang berbau tak sedap:

1. Memanfaatkan air jeruk

Air jeruk dapat digunakan untuk membersihkan sekaligus menghilangkan aroma sangkar yang berbau tak sedap. Selain bermanfaat untuk mencegah bakteri dan parasit, aroma jeruk yang wangi juga akan memberikan kesegaran pada burung yang menghuninya.

Cara menggunakan air jeruk untuk membersihkan sangkar adalah sebagai berikut:

  • Potong 2-3 buah jeruk nipis, lalu peras dan ambil airnya saja.
  • Campurkan air perasan jeruk nipis tersebut dengan satu gelas air hangat.
  • Tambahkan 2 sendok teh kecil baking soda ke dalamnya, lalu aduk sampai semua bahan bercampur merata.
  • Setelah diaduk, masukkan ke dalam tabung sprayer / semprotan mandi, lalu gunakan untuk menyemprot dan membersihkan karpet maupun bak penampungan kotoran dari sangkar.
  • Semprotkan juga pada setiap celah maupun sela-sela jeruji sangkar untuk membunuh bakteri dan parasit yang bersembunyi.

2. Menggunakan cuka putih

Campurkan cuka putih dan air panas dengan perbandingan 50:50, lalu gunakan untuk membersihkan karpet dan bak penampung kotoran sangkarnya. Setelah itu jemur hingga kering, kemudian bilas dengan air hangat.
Pada awalnya sangkar akan beraroma cuka, namun setelah beberapa jam sangkar akan berarom lebih menyegarkan.

Cara lain adalah mencampurkan 1 cangkir baking soda dengan 1 cangkir cuka putih yang sudah dipanaskan, lalu disiramkan pada karpet atau bak penampungan kotoran. Jemur hingga kering, lalu bilas dengan air hangat.

Demikian tips membersihkan sangkar burung yang berbau tidak sedap.

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close