Tips memilih kenari bakalan di kandang ombyokan

Tips memilih kenari bakalan di kandang ombyokan

Kenari menjadi jenis kicauan yang difavoritkan semua kalangan kicaumania. Suaranya yang merdu, perawatannya yang mudah, serta burung yang gampang jinak menjadi daya tarik banyak orang untuk memeliharanya. Umumnya di pasaran dijual kenari bakalan dalam kandang ombyokan. Untuk memudahkan pemilihannya, berikut tips memilih kenari bakalan di kandang ombyokan.

Sebagian besar kenari bakalan yang dijual dalam kandang ombyokan itu berumur di bawah 5 bulan. Pada kondisi tersebut, burung masih belum pandai berkicau dan umumnya cenderung berbunyi ngerecek / ngeriwik (suara seperti orang ngedumel). Jika mendapatkan perawatan yang tepat, beberapa bulan kemudian kenari tersebut akan berkembang jadi kenari dewasa yang rajin dan pandai ngerol.

Berikut tips memilih kenari bakalan dalam kandang ombyokan

  • Jika ingin memelihara burung kenari yang cepet berbunyi, sebaiknya pilih kenari dengan warna campuran atau bond, karena jenis tersebut dianggap lebih cepat berbunyi daripada kenari dengan bulu-bulu berwarna polos, misalnya kuning / putih.
  • Memilih kenari yang tampak sehat, lincah dan terpantau rajin berbunyi, syukur-syukur sudah mau ngeriwik.
  • Jangan memilih kenari yang memiliki cacat fisik, seperti di kaki, sayap, mata, dan sebagainya.
  • Memperhatikan karakter, kenari yang agresif yang melawan / berbunyi ketika akan dipegang menandakan burung tersebut memiliki mental yang sangat baik.
  • Pilih kenari dengan leher yang panjang, tubuh besar, serta garis pangkal patuh dan lingkar matanya yang sejajar.

 

Tinggalkan Komentar:

Tekan enter untuk komentar
Tulis nama kamu