Tips perawatan kenari bahan agar rajin bunyi dan bersuara ngerol

merawat kenari bakalan

Merawat kenari bahan agar rajin bunyi dan ngerol – Memelihara kenari bahan agar kelak bisa rajin bunyi dan ngerol tentu membutuhkan banyak perhatian dari orang yang merawatnya. Perhatian tersebut bisa saja berasal dari bagaimana teraturnya pakan yang diberikan dan juga pola rawatan lain seperti mandi dan jemurnya. Untuk panduan, berikut adalah tips perawatan kenari bahan agar rajin bunyi dan bersuara ngerol.

Kenari bahan / bakalan yang dijual di kios dan pasar burung rata-rata berumur kurang dari 5 bulanan. Pada kondisi tersebut, kenari masih belum pandai berkicau tapi cenderung bersuara ngerecek / ngeriwik. Kicaumania yang berniat memelihara tentu harus melakukan perawatan yang rutin agar kelak kenari bakalan tersebut dapat rajin berkicau.

Namun sebelum membelinya, perlu diperhatikan bahwasanya hanya kenari jantan yang dikenal pandai berkicau sedangkan kenari betina cenderung bersuara memanggil saja, dan kalaupun ada kenari betina yang mampu bersuara ngerol biasanya hanya dilakukan oleh burung yang sudah benar-benar matang / mapan.

Agar tidak salah pilih, maka beberapa artikel berikut ini bisa anda pelajari terlebih dahulu sebelum mulai membeli burung kenari bahan di kios dan pasar burung:

Cara memilih kenari bakalan di kandang ombyokan

Cara meraba capit udang untuk bedakan burung jantan dan betina 

Perawatan kenari bahan

Merawat kenari bakalan memerlukan perhatian yang sangat khusus terutama dari segi pemberian pakan yang diimbangi dengan pola rawatan rutin lainnya. Berikut ini adalah beberapa cara merawat kenari bakalan agar kelak rajin berbunyi:

Gunakan sangkar dengan ukuran yang tepat, dan tempatkan satu atau dua buah tenggeran di dalamnya.Tenggeran yang digunakan sebaiknya yang memiliki tekstur kasar dengan diameter yang nyaman untuk dicengkeram oleh burung.

BACA:  Cabai jawa yang tak sepedas namanya

Berikan pakan yang sesuai. Kenari adalah jenis burung pemakan biji-bijian, jadi dalam perawatan hariannya berikan pakan utamanya tersebut setiap hari secara rutin. Ada beberapa merek pakan kenari yang dijual di toko dan kios burung kicauan, untuk itu anda bisa memilih mana yang cocok baik dari segi harga maupun kandungannya.

Selain pakan utamanya tersebut, kenari membutuhkan asupan pakan tambahan yang berasal sari buah dan sayur-sayuran seperti buah apel, tomat, daun sawi, caisin, wortel, dan sejenisnya.

Adapun untuk melengkapi kebutuhan proteinnya, anda bisa memberinya pakan berupa telur puyuh rebus yang digantungkan di dalam sangkar hariannya. Untuk kenari bakalan, telur puyuh rebus ini bisa membantu perkembangan dan juga menjadikannya agar rajin berbunyi.

Selain asupan pakan tersebut, terdapat lagi pakan plihan / opsional yang bisa diberikan sesuai dengan kebutuhan / jika diperlukan saja. Beberapa pakan tersebut antara lain:  Daun mengkudu muda, daun krokot, daun ginseng jawa / kolesom, dan lain sebagainya.

Pola rawatan lain yang juga perlu mendapat perhatian adalah pemberian mandi dan jemur. Mandikan burung setidaknya satu kali sehari baik dengan cara disemprot menggunakan sprayer maupun memasukkan bak mandi kecil ke dalam sangkar hariannya.

Setelah dimandikan, kenari bakalan tersebut dijemur di bawah sinar matahari selama kurang lebih 1 – 2 jam. Setelah itu, gantungkan sangkarnya di tempat yang teduh dan sedikit berangin.

Selama berada di tempat teduh tersebut, anda bisa memberinya pemasteran dengan cara memutarkan suara masteran dari perangkat mp3 atau menggantungkan burung masteran yang sudah rajin bunyi tidak jauh dari sangkarnya.

Menjelang malam hari, sangkar kenari sebaiknya diberikan kerodong agar burung bisa beristirahat sampai keesokan paginya.

BACA:  Perawatan burung rambatan untuk masteran

Dalam perawatannya, pastikan burung kenari tersebut tidak digantungkan di tempat yang terlalu dekat dengan sumber angin seperti kipas, air conditioner / ac, atau lubang angin. Selain itu, jauhkan juga dari polusi udara yang dapat membuat burung sakit seperti asap pembakaran sampah, asap kenalpot, asap rokok, termasuk juga asap masakan dapur.

Dengan melakukan semua pola rawatan tersebut secara teratur, kenari anda setelah dewasa akan menjadi burung yang rajin bunyi dengan suaranya yang bervariasi. (BM1)

Tinggalkan Komentar:

Tekan enter untuk komentar
Tulis nama kamu