Tips perawatan lovebird balibu untuk lomba

tiga langkah mudah atasi lovebird ngeruji

Perawatan lomba lovebird paud – Lovebird paud atau balibu (burung yang masih berumur di bawah lima bulan) kini makin banyak dilombakan. Bahkan tak sedikit kicaumania pemula yang tertarik ingin menguji kemampuan burung rawatannya itu di arena lomba. Sebagai panduan, berikut tips perawatan lomba lovebird paud untuk Anda.

Meski memiliki kesamaan perawatan dengan burung yang sudah dewasa, namun untuk merawat lovebird yang masih muda membutuhkan penanganan yang penuh perhatian. Hal initerutama karena burung yang disebut masih paud itu belum mempunyai mental dan pengalaman yang cukup di ajang lomba.

Sebagian besar mental lovebird paud belum cukup matang dan masih labil, sehingga diperlukan penanganan yang berbeda. Namun sebagai panduan, berikut cara perawatan lovebird paud untuk lomba.

  1. H-1 sebelum burung akan dilombakan, pada malam harinya lovebird tersebut diberikan mandi malam sampai lepek. Setelah itu diangin-anginkan di teras rumah. 
  2. Berikan pakan tambahannya yang berupa jagung muda, kangkung, dan sebagainya. 
  3. Setelah bulu-bulunya kering, lovebrd tersebut kemudian diberikan full kerodong lalu dimasukkan kembali ke dalam rumah.
  4. Dua jam sebelum dibawa ke arena lomba, lovebird dikeluarkan lalu diangin-anginkan. 
  5. Semprot halus pada tenggerannya, setelah itu diberikan kerodong dan burung siap dibawa ke lapangan. 
  6. Sesampainya di lapangan, buka kerodong lalu biarkan lovebird tersebut diangin-anginkan untuk berbunyi. 
  7. Setelah itu kembali dikerodong sampai siap untuk digantang.