Tips Perawatan Murai Batu Borneo untuk Pemula

merawat murai batu borneo
Walaupun kalah populer dibandingkan jenis yang berasal dari Sumatera, namun faktanya murai batu borneo adalah jenis yang paling banyak beredar di pasaran. Selain harganya yang lebih terjangkau oleh kantong sebagian besar kicaumania, murai batu borneo juga dianggap lebih tahan stres dan cepat berbunyi. SImak tips perawatan murai batu borneo untuk pemula berikut ini.

Bagi pemula, memelihara burung murai batu dianggap sebagai satu hal yang membanggakan tapi juga sekaligus menegangkan. Mereka bangga karena jenis burung ini disebut-sebut memiliki kelas tersendiri di kalangan kicaumania, tapi juga tegang karena merawat murai batu tidaklah seperti merawat burung kutilang.
Bagi yang belum terbiasa dan baru terjun ke dunia kicaumania, memang tidak dianjurkan untuk langsung memelihara burung murai batu untuk pertama kalinya. Ada baiknya belajar perawatan terlebih dahulu dengan memelihara jenis burung lebih gampang dirawat seperti kutilang. kenari, lovebird, dan sebagainya. Jika sudah merasa mapan, barulah mencoba memelihara burung murai batu.
Namun demikian, anda juga bisa mencoba memelihara burung murai batu yang berasal dari Kalimantan atau murai batu borneo. Selain dikenal lebih gampang perawatannya, murai batu borneo juga dianggap lebih tahan stres dan lebih cepat berbunyi. Untuk memudahkan perawatannya, berikut beberapa tips untuk pemula bagaimana memilih burung murai batu borneo yang bermental bagus (prospek).
  • Pilih burung yang memiliki warna bulu dada coklat muda atau yang berwarna lebih terang. Murai batu borneo dengan warna bulu dada tersebut diyakini memilik mental dan sifat fighter yang lebih baik.
  • Seperti juga pada murai batu jenis lainnya (Sumatera), murai batu borneo yang memiliki kaki berwarna gelap dianggap memiliki mental dan daya tarung yang lebih baik.
  • Mengamati bagian kepala. Pilih burung murai batu yang memiliki bentuk kepala papak dengan sorot mata yang tajam, tidak sayu / tidak berair.
  • Amati juga bagaimana burung berkicau dari bukaan paruhnya. Bukaan paruh yang lebar menandakan bahwa burung tersebut akan cenderung mengeluarkan suara tembakan dengan kekuatan yang full.
  • Selain itu, pilih juga burung yang memiliki leher yang lebih lebar/besar karena dianggap akan memiliki volume suara yang lebih lantang.
Perawatan murai batu borneo tidak terlalu jauh berbeda dengan pola rawatan yang diterapkan pada murai batu dan burung kicauan jenis lainnya. Namun yang terpenting dalam perawatan harian murai batu adalah selalu memperhatikan kebutuhan mandi dan pakan tambahannya.
Berikut perawatan murai batu borneo untuk pemula
  • Untuk menjaga kondisinya sepanjang hari, maka perawatan harian burung murai batu harus selalu memperhatkan kebutuhan mandi dan pakan tambahannya. Kedua hal itu cukup penting karena bisa memberi pengaruh besar pada tingkah laku dan kegacorannya / rajin tidaknya burung berbunyi.
  • Jangkrik diberikan setiap hari dengan jumlah lebih kurang 5 ekor pada pagi dan sore hari. Jumlah tersebut bisa saja lebih tergantung kebiasaan atau karakter dari burung itu sendiri.
  • Kroto biasanya diberikan setiap hari, namun jika kroto sulit dicari maka pemberiannya bisa dilakukan secara berkala yaitu setiap beberapa hari sekali. Kroto ini disimpan dalam cepuk kroto yang sudah tersedia di dalam sangkarnya.
  • Mandi secara teratur setiap pagi hari dapat menjadikan burung selalu berada dalam kondisi yang segar sehingga bisa menjadikannya lebih aktif dan terpancing untuk rajin berbunyi.
  • Secara umum, suara asli burung murai batu borneo adalah ngebas dan monoton. Namun jika dilakukan pemasterannya secara rutin maka burung tersebut akan memiliki kualitas suara yang tidak jauh berbeda dengan murai batu dari daerah lainnya.
  • Banyak kalangan menilai karakter suara murai batu borneo adalah suara tembakan atau nembak-nembak. Karena alasan tersebut, pemasteran untuk murai batu borneo bisa menggunakan burung masteran yang full suara tembakan seperti cililin, pelatuk, lovebird, cucak jenggot, walang kecek, dan sebagainya.
Semoga bermanfaat