Uniknya burung meninting besar alias si kacer air

Di kalangan kicaumania, meninting besar dikenal dengan sebutan kacer air. Sebutan tersebut mengacu pada penampilan bulu-bulunya yang mirip kacer dan perilaku uniknya yang gemar bermain air membuatnya mendapat julukan burung kacer air. 

Spesies burung dari family muscicapidae ini memiliki nama resmi meninting besar atau white-crowned forktail, dan bernama ilmiah Enicurus lescheanaulti. Penampilannya yang mirip burung kacer serta habitatnya yang tak jauh dari air mengalir membuatnya dikenal dengan nama kacer air.

Meninting besar aka kacer air adalah burung pesolek yang suka menghabiskan waktunya dengan bermain di sungai. Kehidupannya tidak jauh dari air yang mengalir, baik untuk mendapatkan makanan maupun untuk mencari pasangan.

Ada tiga spesies burung meninting besar yang tersebar secara lokal di beberapa daerah di Indonesia. Ketiga spesies burung meninting besar tersebut adalah:

  1. Meninting kecil atau sunda forktail (Enicurus velatus) yang merupakan burung endemik di Jawa dan Sumatera.
  2. Meninting cegar atau Chestnut-naped forktail (Enicurus ruficapillus) yang tersebar di Sumatera dan Kalimantan.
  3. Meninting besar atau white-crowned forktail (Enicurus leschenaulti) yang tersebar di Jawa, Bali, Sumatera, dan Kalimantan.

Dari ketiga jenis tersebut, meninting besar memiliki ukuran tubuh yang lebih besar dari dua jenis burung meninting lainnya. Panjang tubuh meninting besar sekitar 25 cm dengan bulu-bulu yang didominasi warna hitam dan putih.

Dahi dan mahkota depan berwarna putih yang berjambul. Sisi kepala, tengkuk hingga ke dada berwarna hitam. Perut dan punggung bawah hingga ke tunggir berwarna putih. Sayap hitam bergaris keputihan, bulu ekor berbentuk garpu dengan ujung putih.

Penyebaran meninting besar tak hanya ada di Indonesia saja, melaintkan ada enam sub-spesies burung meninting besar yang tersebar secara global di Myanmar, China, Thailand, dan Indonesia.

BACA:  Wow, kenari unik ini punya ekor yang panjang

Meninting besar atau kacer air adalah jenis burung yang tidak umum dijumpai di berbagai habitat. Sebagian besar aktivitas burung ini berada di dekat sungai-sungai yang ada di dataran renah hingga perbukitan dengan ketinggian 1.400 mdpl.

Di Jawa dan Bali, burung kacer air ini kerap terlihat di sepanjang aliran sungai-sungai dangkal dan penuh bebatuan. Dikenal dengan perilakunya yang aktif dan lincah, kerap berlompatan di antara bebatuan ketika mencari makanan yang ada di dalam air seperti larva atau siput.

Musim kawin berlangsung pada April hingga Juni. Sarang terbuat dari akar-akaran, daun dan lumut yang dibangunnnya di antara bebatuan yang tersembunyi dekat alira sungai yang dangkal. Tak jarang sarangnya terselip di sela-sela akar pepohonan di pinggiran sungai.

Berikut foto dan video burung meninting besar alias si kacer air

burung kacer air

meninting-besar7 meninting-besar7

 

Tinggalkan Komentar:

Tekan enter untuk komentar
Tulis nama kamu